Penyebab Utama Penyakit Darah Tinggi yang Sering Anda Abaikan

Reporter : | 01 Mar, 2016 - 3:44 pm WITA

MANADOTODAY.CO.ID – Tekanan darah tinggi atau hipertensi muncul karena adanya tekanan tinggi atau ketegangan di arteri. Arteri sangat penting bagi kesehatan karena mereka adalah pembuluh yang mentransfer darah dari jantung ke organ tubuh lainnya.

Penyebab Hipertensi

Meskipun kondisi ini sangat umum pada orang dewasa, namun dalam banyak kasus tidak ada penyebab spesifik dari masalah kesehatan ini. Jika penyebabnya tidak diketahui maka itu dapat dikatakan hipertensi primer dan itu secara bertahap berkembang dan mempengaruhi kesehatan seseorang.

Pada beberapa orang, hipertensi muncul karena kondisi mereka, seperti ginjal atau masalah jantung. Kondisi ini juga dikenal sebagai hipertensi sekunder. Ini muncul tiba-tiba tidak seperti hipertensi primer.

Ada kondisi lain yang dapat menyebabkan hipertensi seperti masalah tiroid, tumor kelenjar adrenal dan apnea tidur obstruktif. Beberapa orang yang menyalahgunakan obat kokain dan amfetamin juga dapat menderita tekanan darah tinggi. Juga orang-orang yang lahir dengan cacat pembuluh darah. Asupan alkohol yang berlebihan, beberapa obat seperti obat flu dan pil KB dapat menyebabkan tekanan darah tinggi juga.

Selain fakta bahwa 90% dari kasus tekanan darah tinggi muncul tanpa penyebab spesifik ada beberapa faktor risiko. Beberapa adalah:

Usia Anda: Ketika Anda sudah tua, Anda berada pada risiko tinggi hipertensi.

Keluarga Anda: Jika seseorang dalam keluarga Anda menderita hipertensi, Anda juga bisa mendapatkannya.

Diet Anda: Jika Anda mengkonsumsi makanan yang kaya garam, Anda bisa menderita hipertensi.

Gaya hidup Anda: Jika Anda menjalani gaya hidup malas-malasan seperti hanya menonton TV dan tidak melakukan apa-apa, Anda meningkatkan risiko terkena hipertensi.

Berat badan Anda: berat badan yang berlebihan dan obesitas dapat menyebabkan hipertensi.

Jadi cobalah untuk mempertahankan gaya hidup sehat jika Anda ingin menghindari hipertensi. Perbanyak aktivitas fisik dan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat benar-benar dapat membantu Anda.

Baca Juga :

Leave a comment