Ini Bahayanya Jika Anda Terbiasa Menggunakan Hotspot WiFi Publik Sembarangan

Reporter : | 29 Feb, 2016 - 4:00 pm WITA

Hotspot WiFi , WiFi Publik, avast

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY.CO.ID – Banyak dari kita sering mencari tempat WiFi publik dan dengan senang hati langsung menyambungkan terutama jika ada hotspot WiFi yang ekornya terdapat nama ‘Free’.

Namun tanpa Anda sadari, hotspot-hotspot ini bisa saja sudah disiapkan oleh para peretas untuk mencuri segala informasi bahkan mengendalikan smartphone atau perangkat yang Anda miliki. Mereka sengaja menggunakan nama-nama seperti itu untuk mengelabuhi korbannya.

Perusahaan antivirus Avast telah merancang percobaan untuk melihat berapa banyak orang yang dengan mudah terhubung ke zona WiFi yang mereka buat di Barcelona, saat iven Mobile World Congress (MWC) digelar.

Mereka membuat tiga jaringan: ‘Starbucks’, ‘Airport_Free_Wifi_AENA’ dan ‘MWC Free WiFi’. Mereka kemudian menunggu berapa banyak orang yang memburu internet gratis.

Avast tidak menyimpan data untuk melindungi privasi, tetapi menurut Business Wire, ini informasi yang berhasil mereka terima dari orang-orang yang memakai WiFi ‘palsu’ mereka:

– 50,1 persen menggunakan perangkat Apple, 43,4 persen memiliki Android dan 6,5 persen memiliki Windows Phone

– 61,7 persen menggunakan Google atau Gmail

– 14,9 persen mengunjungi Yahoo

– 2 persen mengunjungi Spotify

– 52,3 persen memiliki aplikasi Facebook

– 2,4 persen memiliki aplikasi Twitter

– 1 persen menggunakan aplikasi kencan (Tinder atau Badoo)

Dari 2.000 orang yang terhubung, Avast mampu mengorek informasi 63,5 persen dari mereka.

Sekarang, bagaimana Anda dapat melindungi diri Anda sendiri?

Mengkhawatirkan, banyak orang mengatur perangkat mereka secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi. Coba rubah ini dari otomatis ke manual di pengaturan WiFi.

Avast merekomendasikan menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk berselancar di jaringan publik. Itu berarti data dienkripsi dan anonim, sehingga tidak banyak informasi yang dapat digali peretas.

Setelah membaca artikel ini, mungkin mulai saat ini Anda bisa berhati-hati untuk memilih hotspot-hotpsot WiFi agar informasi pribadi Anda tidak bocor kemana-mana.

Baca Juga :

Leave a comment