Sembilan Etnis Minahasa Kukuhkan Olly Dondokambey sebagai Tonaas Wangko Um Banua

Reporter : | 25 Feb, 2016 - 9:42 pm WITA

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,Tonaas Wangko, Um Banua Minahasa,dr Bert Supit, RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey (OD) resmi dikukuhkan sebagai Tonaas Wangko Um Banua Minahasa. Kepastian terpilihnya Olly Dondokambey SE, sebagai Tonaas Wangko terlihat pada saat Musyawarah Sembilan Etnis Minahasa, yang digelar di Atrium Kantor Bupati Minahasa Tenggara (Mitra).

Ketua Majelis Adat Minahasa dr Bert Supit mengatakan, pihaknya membangun tradisi baru pada pengukuhan secara adat. Di mana, dengan dilantiknya OD sebagai Gubernur Sulut yang baru, tentu telah mendapatkan legitimasi dari masyarakat Sulut.

“Untuk itu, kami sepakat bahwa pak OD menjadi Tonaas Wangko untuk sembilan etnis Minahasa Raya pada umumnya,” kata Supit, Kamis (25/2/2016).

Menurutnya, tradisi baru ini karena dulu belum terbentuknya Majelis Adat Minahasa, atau sebagai badan yang terdiri dari sembilan etnis tersebut. Adapun sembilan etnis itu terdiri dari Pakasaan Tonsea, Pakasaan Toulour, Pakasaan Tombulu dan Pakasaan Tountemboan. Selanjutnya, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Bantik dan Babontehu.

“Tradisi ini akan terus dilestarikan, karena siapa yang memimpin Sulut, ialah Tonaas Wangko di daerah Bumi Nyiur Melambai,”kata Supit.

Sementara dalam musyawarah tersebut, Ketua Pakasaan Pasan-Ratahan, Ferry Uway turut memberikan dukungannya. Dikatakan Uway, pihaknya mendukung 100 persen pengukuhan tersebut.

“Waktu musyawarah, semuanya sepakat dan nyaris tidak ada komplen dari seluruh peserta musyawarah. Semuanya sepakat Pak Gubernur yang jadi Tonaas Wangko,” tandasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment