Mengapa Banyak Jendela Pesawat Berbentuk Bulat, Tidak Kotak

Reporter : | 23 Feb, 2016 - 7:25 pm WITA

 Jendela Pesawat, efek  Jendela Pesawat

(foto: Pixabay)

MANADOTODAY – Pernahkan Anda bertanya-tanya mengapa jendala pesawat berbentuk bulat? Ini mungkin terdengar sepele, tetapi bentuk jendela pesawat sebenarnya sangat penting.

Di masa lalu, pesawat-pesawat banyak menggunakan jendela kotak. Namun, pada tahun 1950-an, pesawat jet komersial mulai tenar, dan masalah mulai muncul ke permukaan.

Pesawat-pesawat baru mampu terbang pada kecepatan yang lebih besar dan pada ketinggian yang lebih tinggi, tapi dua dari mereka hancur di udara – semua karena berbentuk jendela yang kotak.

Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi masalah berasal dari sudut-sudut jendela yang berbentuk kotak.

Sudut dari jendela merupakan titik-titik lemah alami, lebih cenderung mendapat tekanan dan lemah oleh perubahan tekanan udara dan ini adalah bencana untuk perjalanan udara.

Sementara jendela melengkung, tidak memiliki titik fokus dan mendistribusikan tekanan secara merata, mengurangi kemungkinan retak atau pecah.

Jendela yang berbentuk bulat juga kuat dan tahan deformasi, yang bearti lebih kuat jika terjadi kasus seperti perbedaan ekstrim tekanan udara antara di dalam dan di luar pesawat.

Baca Juga :

Leave a comment