Bahas Dana Desa, Bupati Mitra Rakornas dengan Wakil Presiden

Reporter : | 23 Feb, 2016 - 12:03 pm WITA

JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH Senin (22/2/2016) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Iskandar membahas Dana Desa.

Saat menghadiri kegiatan tersebut, Sumendap didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Drs Piether Owu MEm.

“Ini dalam rangka evaluasi dari program dana desa yang sudah dilaksanakan pada tahun 2015, serta persiapan penyaluran dana desa tahun 2016,” kata Owu.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sumendap memintakan ke Kementerian agar memperhatikan para pendamping desa yang perlu melibatkan Pemkab dalam perekrutan.

”Ini masukan bupati ke Menteri. Karena, Pemkab juga mempunyai kepentingan dan mengetahui kondisi di desa. Jangan sampai para aparat desa lebih paham dalam pengelolaan dana desa,” kata Owu.

Selain itu adanya perubahan proses penyaluran dana desa, kata Bupati saat memberikan masukan, harus ada aturan jelas sebelum dilakukan proses penyaluran.

Dijelaskan Owu, adanya wacana perubahan proses pencairan dari tiga tahap yakni pada bulan April, Agustus dan Oktober menjadi dua tahap yakni Maret dan Agustus.

Wakil Presiden sendiri meminta kepada pemerintah daerah dapat memaksimalkan setiap desa untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian dalam pengelolaan dana tersebut. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment