PKK Minahasa Siap Hadapi MEA

Reporter : | 19 Feb, 2016 - 11:30 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Minahasa Ketua TP PKK Minahasa, Dr Olga Sajow-Singkoh MHum menegaskan bahwa PKK kabupaten Minahasa siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah dicanangkan mulai tahun 2016 ini oleh pemimpin negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Hal ini diungkapkan Singkoh saat menyampaikan laporan kegiatan Bazar PKK Minahasa, di aula Dharma Wanita Pemkab Minahasa, Kelurahan Luaan Kecamatan Tondano Timur, Jumat (19/2/2016).

“MEA merupakan ajang keikutsertaan Kita dalam meningkatkan perekonomian dengan memberdayakan segala sumber potensi termasuk di dalamnya PKK kabupaten Minahasa dalam berbagai sektor kerajinan serta pemanfaatan lahan bisnis dan menjadi bisnis kita sendiri,” ucap Singkoh.

Lanjutnya, Anggota TP-PKK harus trampil dan terus diasah kemampuannya melalui pelatihan, dan ini harus bisa mentransformasikan kemampuan yang dimiliki anak-anak sekolah untuk melatih mereka tentang ilmu enterprenuer atau cara berbisnis melalui kue-kue maupun souvenir.

Sementara Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, selaku Ketua Dewan Penyantun TP-PKK Minahasa ketika memberikan sambutan menyampaikan, Minahasa banyak menyimpan potensi makanan khas daerah yang sangat lezat dan enak sebab terbuat dari bahan baku yang berkualitas.

“Potensi ini harus bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu PKK agar bisa memberi keuntungan, di samping itu memperkenalkan makanan khas tradisional Minahasa dari berbagai Desa/Kelurahan di Minahasa. Hanya saja hal ini perlu didukung dengan pelatihan atau workshop terutama cara pemasarannya,” kata JWS.

Bisnis ini anjutnya, sangat menguntungkan jika dikelola dengan manajemen dan perlu dukungan dari semua pejabat dengan cara membelli dan mempromosikannya.

Ditambahkannya, dengan selesainya Monumen Benteng Moraya, jelas akan menunjang sektor pariwisata kuliner ini, sebab nantinya di sekitar lokasi itu akan dibangun tempat-tempat kuliner.

“Saya berjanji akan membangun gedung tempat dipasarkannya makanan khas dan souvenir di Sekretariat Dharma Wanitaagar tempat ini makin menarik para pengunjung yang datang maupun yang melewati Kota Tondano,” tukasnya. Turut hadir dalam kegiatan itu para pejabat jajaran Pemkab Minahasa dan seluruh anggota serta pengurus TP-PKK Minahasa . (rom)

Baca Juga :

Leave a comment