75% Penglihatan Anak Ini Hilang Permanen Setelah Bermain Mainan Ini

Reporter : | 15 Feb, 2016 - 8:03 pm WITA

Mainan laser, Mainan berbahaya

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Dokter mata dan pejabat kesehatan di Australia telah memperingatkan semua orang tua di seluruh dunia tentang efek berbahaya dari mainan yang menggunakan sinar laser. Perlu diketahui sinar laser bukanlah mainan!. Seorang remaja 14 tahun dari Tasmania, Australia, mengeluh sakit dibagian mata, sehingga orang tuanya membawa dia ke dokter.

Dokter merasakan adanya masalah serius, dan dokter mata bernama Ben Armitage melakukan pemeriksaan. Ben Armitage mengatakan bahwa anak itu datang setelah matanya terkena sinar laser hanya dalam waktu yang singat. Dia mengambil foto mata anak itu dan menemukan bahwa sinar laser telah membakar retina dan secara permanen merusak matanya.

Armitage mengatakan bahwa daerah mata yang terkena adalah di mana penglihatan sentral rinci terjadi, dan sebagai hasilnya, tingkat kerusakan penglihatannya menjadi parah. Penglihatan anak itu kini hanya 25%. Sinar laser merusak 75% penglihatannya. “Retina di belakang mata dekat sebuah daerah yang disebut makula milik anak itu terbakar, ” katanya dikutip dari Diply.com.

Armitage juga mengatakan bahwa efek dari kehilangan penglihatan itu menjadi parah, karena makula merupakan daerah untuk penglihatan rinci. Mata anak itu tidak terasa sakit saat sinar laser mengenai matanya, tapi penglihatannya langsung terkena dampak. Mata tepatnya dekat makula langsung terbakar. Itu berarti kebutaannya mungkin akan permanen.

Armitage mengatakan bahwa ia optimis bahwa sebagian penglihatan anak itu akan kembali setelah pembengkakan turun, tapi ia kemungkinan akan buta sebagian selama sisa hidupnya. Dia juga menjelaskan bahwa kerusakan yang terjadi tidak dapat diperbaiki dengan kacamata. Daerah penglihatan yang terpengaruh adalah penglihatan sentral – yang memungkinkan Anda untuk fokus lurus ke depan, yang membuat Anda dapat membaca, mengemudi dan melihat dengan tajam.

Baca Juga :

Leave a comment