Ilmuwan Rusia Berencana Buat Rudal yang Dapat Hancurkan Meteorit

Reporter : | 15 Feb, 2016 - 5:10 pm WITA

MANADOTODAY – Ilmuwan Rusia ingin mengupgrade rudal nuklir mereka agar dapat menghancurkan meteorit yang akan jatuh ke Bumi

Walaupun mungkin terdengar seperti dalam film-film sci-fi, ilmuwan Rusia berencana untuk merubah rudal balistik antarbenua mereka, ICBM, agar dapat menargetkan meteorit.

Kantor berita Rusia TASS melaporkan rudal akan memiliki kekuatan untuk menghancurkan meteorit berukuran mulai dari 20m sampai 50m.

Peneliti roket senior Sabit Saitgaraye, dari Makeyev Rocket Design Bureau mengatakan mereka berencana menguji rudal pada asteroid 99942 Apophis, yang dipercaya akan lewat sangat dengan dengan Bumi pada tahun 2036.

Saitgarayev mengatakan dikutip dari Mail Online: “Kebanyakan roket menggunakan bahan bakar mendidih. Bahan bakar diisi 10 hari sebelum peluncuran. Dan karena itu, mereka tidak layak untuk menghancurkan meteorit yang diameternya mirip dengan meteorit Chelyabinsk yang terdeteksi beberapa jam sebelum dekat dengan Bumi.

“Untuk tujuan ini, rudal balistik antarbenua dapat digunakan, namun perlu di upgrade.”

Tapi untuk memodifikasi bahan bakar padat ICBM membutuhkan dana jutaan pound dan izin dari pihak berwenang, dan karena itu belum jelas apakah proyek tersebut akan mendapatkan lampu hijau.

Baca Juga :

Leave a comment