Poli: Ada Lima Indikator Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah

Reporter : | 11 Feb, 2016 - 10:13 pm WITA

Keuangan Daerah, Dr Arnold Poli SH MAPTOMOHON, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dr Arnold Poli SH MAP menegaskan, ada 5 indikator kinerja yang harus diketahui dalam pengelolaan keuangan daerah. Kelima indikator dimaksud adalah ketepatan waktu penetapan APBD, porsi belanja APBD untuk kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, tingginya prosentase realisasi APBD dan rendahnya SILPA, ketepatan penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan terakhir meningkatnya kualitas opini BPK atas LKPD.

ā€˜ā€™Jika lima indikator ini telah terpenuhi, maka daerah akan semakin lebih maju dengan tingkat kesalahan atau penyelewengan keuangan yang rendah,ā€™ā€™ kata Poli pada kegiatan Sosialisasi Perundang-undangan dilaksanakan di Aula Kantor Walikota Tomohon yang dilaksanakan Dinas Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (PPKBMD) Kota Tomohon.

Sosialisasi ini membahas tentang Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Daerah mengacu pada Undang-Undang nomor 25 tahun 2004, Undang-Undang nomor 23 tahun 2014. Kemudian Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2005, Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2004, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 13 tahun 2006, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 21 tahun 2011, Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 52 tahun 2015, membahas tentang Penganggaran Hibah dan Bantuan Sosial sesuai Surat Edaran nomor 900/4627/SJ tanggal 18 Agustus 2015 tentang Penajaman Pasal 298 Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 serta membahas tentang Perjalanan Dinas yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 77 tahun 2015.

Kegiatan itu sendiri dihadiri Mukjizat, S.Sos. M.Si. (Kepala Seksi Wilayah IIIB Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah) sebagai narasumber, Dwi Setyaningsih SE dan Rino R Kent SSTP dari Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah sebagai narasumber, para anggota DPRD Kota Tomohon seperti Djemmy J Sundah SE, Piet Pungus SPd, Hudson Bogia dan Erens Kereh AMKL, Kepala Dinas PPKBMD Kota Tomohon Dr Juliana D Karwur MKes para Pejabat Eselon di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment