Berhenti Katakan Dua Kalimat Ini dan Anda Akan Lebih Sukses

Reporter : | 10 Feb, 2016 - 10:12 pm WITA

kalimat sukses, Bernard Roth,

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Mengubah hanya satu kata dalam kalimat dapat membuat Anda lebih sukses, seorang profesor dari universitas ternama mengatakan.

Bernard Roth, profesor teknik di Universitas Stanford, berpendapat cara Anda berbicara tidak hanya mempengaruhi bagaimana orang lain memandang Anda, tetapi juga membentuk perilaku Anda, The Independent melaporkan.

Dalam bukunya The Achievement Habit, Prof Roth merekomendasikan membuat dua perubahan sederhana dalam kalimat sehari-hari yang Anda gunakan dikutip dari The Sun:

1. Katakan ‘dan‘ bukan ‘tapi

Daripada mengatakan: “Saya ingin pergi ke bioskop, tapi saya punya pekerjaan”, Anda harus mengatakan: “Saya ingin pergi ke bioskop, dan saya harus bekerja.”

Prof Roth menulis: “Ketika Anda menggunakan kata tapi, Anda menciptakan konflik (dan kadang-kadang alasan) untuk diri sendiri yang tidak benar-benar ada.”

Jika Anda menggunakan kata ‘dan’, bagaimanapun, “otak Anda akan mempertimbangkan bagaimana ia dapat menangani kedua bagian kalimat”. Misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk melihat film pendek, atau melimpahkan beberapa pekerjaan Anda.

2. Katakan ‘ingin‘ bukan ‘harus

Prof Roth menulis: “Latihan ini sangat efektif dalam membuat seseorang menyadari apa yang mereka lakukan dalam hidup mereka – bahkan hal-hal yang mereka temukan tidak menyenangkan – pada kenyataannya telah mereka pilih.”

Misalnya, salah satu mahasiswa profesor merasa dia “harus” mengambil kursus matematika yang dia dibenci namun diperlukan untuk program pascasarjana.

Akhirnya ia menyadari bahwa ia benar-benar tidak ingin mengambil kursus karena manfaatnya melebihi ketidaknyamanan duduk di kelas yang dia tidak senangi.

Prof Roth menambahkan: “Pikiran lebih rumit dari yang kita pikirkan dan selalu bekerja dengan ego kita untuk menyabotasi keinginan terbaik kita. Itulah kondisi manusia.

“Jika kita memilih, kita bisa berhati-hati tentang cara mengontrol niat kita untuk menciptakan kebiasaan yang membuat hidup kita lebih baik.”

Baca Juga :

Leave a comment