Sumarsono Dialog dengan Praja IPDN Sulut

Reporter : | 09 Feb, 2016 - 11:17 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Jelang berakhirnya masa jabatan sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), DR. Sumarsobo MDM, melakukan dialog dengan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulut, Selasa (9/2/2016).

Pada materinya, Sumarsono menjelaskan dua tanggungjawabnya saat ini, yakni sebagai Penjabat Gubernur Sulut dan Ditjen Otda Kemendagri. Dijelaskan dia, sebagai Penjabat Gubernur Sulut ada tiga tugas khusus yang harus dikerjakan di Sulut, yakni mengawal Pilkada serentak, menyelenggarakan fungsi pemerintahan, serta pembangunan dan kemasyarakatan.

“Termasuk menangani permasalahan strategis nasional di daerah yang sifatnya mendesak,” ucap Sumarsono.

Sementara untuk tugasnya sebagai Ditjen Otda Kemendagri, Ia menjelaskan mempunyai tugas untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penyelenggaraan otonomi daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Contoh perumusan kebijakan di bidang penataan daerah, otonomi khusus dan daerah istimewa, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Diakhir materi, Sumarsono mengharapkan supaya Praja IPDN Sulut ini harus lebih banyak belajar.

“Praja IPDN itu berbeda dengan mahasiswa umum lainnya. Bedanya dimana? Harus punya keberanian lebih. Sebab, kalian adalah calon pemimpin-pemimpin daerah. Suatu saat, kalian perlu ambil suatu keputusan sebagai seorang pemimpin. Dan itu, sangat dibutuhkan keberanian,” pungkasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment