Raksasa Langit: Airlander 10, Pesawat Seukuran Lapangan Sepak Bola Siap Masuk Tahap Uji Coba

Reporter : | 09 Feb, 2016 - 8:27 pm WITA

Airlander 10, Pesawat terbesar

(foto: airlander)

MANADOTODAY – Pesawat terbesar dunia akan masuk tahap uji coba di Inggris bulan depan.

Perpaduan antara pesawat, zeppelin dan helikopter, Airlander 10 panjangnya setara dengan lapangan sepak bola dan tingginya setara dengan enam bus dua tingkat.

Airlander 10 harus mempunyai 200 jam terbang sebelum dipandang layak terbang oleh Otoritas Penerbangan Sipil dan Badan Keselamatan Penerbangan Eropa.

Awalnya dibuat oleh produsen Inggris Hybrid Air Vehicles sebagai pesawat pengintai bagi militer AS, uji penerbangan ini merupakan tonggak penting bagi Airlander 10.

Kepala komunikasi perusahaan, Chris Daniels, mengatakan kepada Times, Airlander 10, dinamai karena kemampuannya yang mampu membawa beban 10 ton, dengan panjang 305 kaki, lebar 143 kaki dan tinggi 85 kaki.

Pesawat raksasa ini terbuat dari serat karbon super kuat dan diisi dengan helium.

Pesawat ini dapat membawa sampai 50 orang dan kecepatan tertinggi mencapai 92mph, dengan kemampuan untuk tetap di udara selama tiga minggu tanpa awak.

Airlander 10 juga dapat beroperasi pada suhu ekstrim, sehingga pesawat cocok untuki operasi pencarian dan penyelamatan, pengamatan lingkungan dan pengawasan polisi.

Raksasa langit ini digerakan oleh empat mesin diesel turbocharged tapi menggunakan bahan bakar hanya seperempat dari bahan bakar yang digunakan oleh pesawat biasa, dan dilengkapi panel surya agar ramah lingkungan.

Proyek ini awalnya berbudget £ 60 juta oleh pemerintah AS sebelum ditarik oleh militer karena terlalu mahal.

Baca Juga :

Leave a comment