Dibangun Dibawah Tiang Listrik, Sejumlah Rumah di Desa Kapitu Beresiko

Reporter : | 09 Feb, 2016 - 9:53 am WITA

Desa Kapitu, Yubel Pandey

Tiang listrik tepat di tengah salah satu rumah warga di Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Sejumlah rumah di Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat sangat rentan terhadap ancaman kesehatan dan keselamatan. Pasalnya, beberapa rumah yang berdiri di tepi jalan trans Sulawesi ini, dibangun tepat dibawah kabel listrik yang bertegangan tinggi.

Dari penelusuran manadotoday.co.id, didapati sekitar enam bangunan milik warga, yang bagian dalam bangunan (rumah) terpancang tiang listrik dengan tegangan tinggi .

“Tentu saja membangun rumah dibawah aliran listrik apalagi bertegangan tinggi sangat beresiko, terhadap radiasi listrik yang dapat mengancam kesehatan tubuh,” ujar Yubel Pandey salah satu pemerhati sosial dan kemasyarakatan Kabupaten Minsel.

Resiko lainnya yakni, kemungkinan tiang listrik roboh akibat bencana gempa bumi, yang berpotensi menimbulkan kerugian materil dan ancaman keselamatan warga.

“Meski belum pernah terjadi, namun sudah harus dilakukan langkah antisipasi oleh pemerintah, dengan memberikan larangan kepada warga agar tidak membangun rumah dibawah aliran listrik. Sebab bencana yang datang tidak bisa diprediksi. Karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment