Upacara Adat Tulude Tingkat Provinsi Sulut Berlangsung Meriah

Reporter : | 07 Feb, 2016 - 9:20 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Upacara adat Tulude 2016 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang merupakan kerjasama Pemprov Sulut dan Forum Komunikasi Masyarakat Nusa Utara (FKMNU), yang digelar di Lapangan Koni Sario Manado, Sabtu (6/2/2016) malam, berlangsung meriah.

Upacara adat yang dihadiri Penjabat Gubernur DR. Sumarsono MDM dan Ketua PKK Sulut Dra. Tri Rachayu, dihadiri pula ribuan lebih warga asal Nusa Utara (Sangihe, Talaud, dan Sitaro) yang tersebar di Bumi Nyiur Melambai.

Asisten I Setdaprov Sulut, Jhon Palandung, dalam laporannya, mengatakan, Tulude adalah salah satu upacara adat Nusa Utara yang dilaksanakan pada setiap awal tahun yang sekaligus merupakan Hari Ulang untuk mensyukuri berkat Tuhan pada tahun lampau dan memohon berkat serta pengampunan dosa sebagai bekal hidup pada tahun baru.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumarsono dalam sambutannya, mengatakan, pesta adat Tulude merupakan salah satu kebanggaan yang dimiliki Sulut, sebab Sulut dianugerahi Tuhan dengan ragam kekayaan seni budaya yang dimiliki oleh tiga etnis besar yang mendiami negeri ini, yaitu Minahasa, Nusa Utara dan Bolaang Mongondow yang merupakan warisan dari para leluhur kita.

“Upacara adat tulude, selain bermakna spiritual tapi juga memberikan edukasi dan wawasan kepada masyarakat sebagai bentuk implementasi terhadap upaya pembangunan dan pelestarian budaya daerah,” terang Sumarsono.

Kata dia lagi, tulude merupakan wahana kebersamaan dan persaudaraan dalam satu komunitas yang utuh, yang diaktualisasikan melalui doa dan ungkapan syukur secara bersama-sama.

Turut hadir pada upacara Tulude ini, jajaran Forkopimda Sulut, Pj Walikota Manado, Royke Roring, Kadisbudpar Sulut, Ir HTR. Korah, masyatakat Nusa utara, dan sejumlah wisatawan asing yang kebetulan berkunjung ke Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment