Sering Melewatkan Sarapan Pagi? Hentikan Kebiasaan Itu Jika Ingin Tetap Sehat

Reporter : | 04 Feb, 2016 - 10:52 pm WITA

MANADOTODAY – Jika Anda termasuk dalam kelompok orang yang sering melewatkan sarapan pagi, maka Anda harus tau risiko terkena serangan jantung atau menderita beberapa penyakit jantung naik sebesar 27% bagi mereka yang sering melewatkan sarapan pagi.

Angka-angka tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard yang menganalisis data yang diperoleh dari 16 tahun penelitian, yang melibatkan hampir 27.000 profesional kesehatan. Semua pria yang diteliti, kebiasaan makannya diikuti dan kondisi kesehatan mereka diperiksa antara tahun 1992 dan 2008. Selama periode ini, ada 1.572 pria yang menderita beberapa penyakit jantung .

“Kita tahu banyak cara bagaimana mengurangi risiko penyakit jantung, rutin berolahraga dan berhenti merokok membutuhkan banyak usaha. Namun, makan sarapan pagi sangat mudah serta tidak memakan waktu atau mahal. Makanlah setidaknya sereal sebelum Anda berkaktivitas, “kata Eric Rimm, seorang profesor nutrisi di School of Public Health di Harvard University.

Penelitian dari Harvard University menemukan bahwa pria yang melewatkan sarapan, cenderung makan terlalu banyak makanan tinggi kalori. Studi ini juga menemukan bahwa risiko penyakit jantung meningkat sebesar 55% pada pria yang secara teratur makan larut malam.

“Tidak ada penelitian yang dilakukan pada perempuan, tapi saya berpikir hasilnya akan sama,” kata Dr Suzanne Steinbaum, seorang ahli jantung di Lenox Hill Hospital.

Baca Juga :

Leave a comment