Antisipasi Krisis Tenaga Kerja, Mitra Berlakukan Padat Karya Desa dan Kelurahan

Reporter : | 04 Feb, 2016 - 2:22 pm WITA

James Sumendap SH , Padat Karya Desa

James Sumendap SH

RATAHAN, (mandotoday.co.id) – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH mengungkapkan, untuk mengantisipasi krisis tenaga kerja di daerah perlu diberlakukan padat karya di desa dan kelurahan.

“Untuk atasi krisis tenaga kerja yang ada di Minahasa Tenggara maka sangat perlu diberlakukannya program padat karya baik di desa maupun kelurahan,” kata Sumendap.

Menurutnya, dengan adanya program padat karya, akan ada serapan tenaga kerja di lingkungan masyarakat, khususnya bagi keluarga ekonomi rendah.

“Tujuan utamanya adalah membuka lapangan kerja baru, khususnya bagi keluarga-keluarga miskin sehingga mempunyai sumber pendapatan,” jelasnya.

Sumendap mengharapkan pemerintah di desa maupun kelurahan dapat membentuk kelompok-kelompok padat karya untuk memberdayakan masyarakat.

“Peran dari pemerintah desa maupun kelurahan akan sangat penting untuk membentuk kelompok padat karya, dan pemerintah kabupaten akan mendukung,” katanya.

Ditambahkan Sumendap, dengan ada kelompok-kelompok padat karya tersebut diharapkan tak ada lagi keluhan krisis tenaga kerja.

“Jadi, kalau sudah ada kelompok-kelompok padat karya tak ada lagi keluhan khususnya pada sektor pertanian yang sering mengeluh krisis tenaga kerja,” tandasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment