Siapkan 8 Triliun, Investor Lirik Potensi Hortikultura Kumelembuai Tomohon

Reporter : | 02 Feb, 2016 - 9:43 pm WITA

Kumelembuai Tomohon, PT Arung Keke Berjaya,  Hengky DotulongTOMOHON, (manadotoday.co.id) – Potensi hortikultura di Kelurahan Kumelembuai Kecamatan Tomohon Timur mulai dilirik investor. Sayuran seperti kubis, Wortel, Petsai, batang daun, labu siam, kembang kol, terong dan buncis, bayam, kangkung dan jenis-jenis sayur lainnya yang tumbuh subur di willayah Kecamatan Tomohon Timur mendapat perhatian khusus investor.

Investor yang melirik potensi hortikultura Kumelembuai adalah PT Arung Keke Berjaya yang dimotori putra kawanua bernama Hengky Dotulong. Untuk itu, pihak investor telah melakukan pertemuan dengan perwakilan Pemerintah Kota Tomohon yakni Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi didampingi Camat Tomohon Timur Sjerly Bororing SP SIP MM dan Lurah Kumelembuai Djoni Pangemanan bersama masyarakat petani yang ada di Kelurahan ini.

Dalam pertemuan tersebut, pihak investor memaparkan rencananya untuk pembuatan pabrik pengalengan sayur di kelurahan Kumelembuai.

”Ya, kami berencana membangun pabrik pengalengan sayur. Ini setelah melihat potensi yang dimiliki sangat besar,” kata Dotulong.

Sementara Camat Tomohon Timur Sjerly Bororing SP SIP MM mengatakan, dengan terbukanya akses jalan ke Tomohon, Tondano maupun Suluan, potensi hortikultura Kumelembuai semakin diminati investor.

”Kumelembuai masuk dalam kawasan strategis agropolitan. Hal ini pula yang menarik minat investor untuk menjajaki rencana pembuatan Pabrik Pengalengan Sayur dengan investasi yang mencapai delapan triliun,” jelas Bororing. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment