WHO Naikan Status Virus Zika Jadi Darurat Kesehatan Masyarakat Global

Reporter : | 02 Feb, 2016 - 7:21 pm WITA

WHO , Virus Zika

Tenaga kesehatan yang sedang mengasapi daerah di seluruh Amerika Selatan untuk mencegah penyebaran penyakit (foto: Reuters)

MANADOTODAY – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sebuah virus yang disebarkan oleh nyamuk dikenal dengan nama virus Zika perlu dipertimbangkan sebagai “darurat publik yang menjadi perhatian internasional”.

Ini muncul setelah melonjaknya jumlah bayi yang lahir dengan kepala abnormal (kecil) karena virus tersebut di Brazil tahun lalu.

Para pejabat WHO memperkirakan akan ada empat juta orang yang bisa terinfeksi tahun ini.

Keputusan untuk menyatakan darurat internasional direkomendasikan oleh komite ahli independen, menyusul kritik atas kurangnya respon sejauh ini.

Peringatan harus membantu jalur cepat tindakan dan penelitian internasional. Ini disarankan oleh komite setelah mereka mengatakan adanya hubungan antara Zika dan microcephaly (kondisi yang membuat anak-anak lahir dengan otak terbelakang) merupakan “peristiwa luar biasa”.

Direktur Jenderal WHO Dr Margaret Chan mengatakan adanya hubungan kausal antara infeksi selama kehamilan dan microcephaly pada bayi, tetapi belum terbukti secara ilmiah.

Dia menyerukan tindakan internasional yang terkoordinasi untuk menyelidiki dan memahami hubungan virus dan kondisi tersebut. Dia mengatakan kurangnya vaksin dan tes diagnostik juga memprihatinkan.

Dr Chan mengatakan dikutip dari The Sun: “Setelah penyelidikan bukti-bukti, komite menyarankan bahwa kelompok microcephaly dan komplikasi neurologis lainnya merupakan suatu peristiwa luar biasa dan merupakan ancaman kesehatan global.

“Dalam pandangan mereka, respon internasional yang terkoordinasi diperlukan untuk meminimalkan ancaman di negara-negara yang terinfeksi dan mengurangi risiko penyebaran lebih lanjut ke negara-negara lain.

“Anggota komite setuju bahwa situasi memenuhi kondisi untuk keadaan darurat kesehatan publik internasional.”

Ada 4,000 kasus yang dilaporkan di Brazil saja Oktober, setelah wabah serupa di Perancis Polinesia pada tahun 2014.

Dr Chan menambahkan: “Saya sekarang menyatakan bahwa kelompok microcephaly yang terjadi baru-baru ini dan kelainan neurologis lainnya yang dilaporkan di Amerika Latin, menyusul kelompok yang sama di Polinesia Perancis pada tahun 2014, merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.”

Para ahli juga telah memperingatkan bahwa El Nino bisa menyulut wabah karena cuaca hangat meningkatkan populasi nyamuk.

Saat ini belum ada vaksin atau obat untuk mengobati Zika, dan satu-satunya cara adalah menghindari gigitan nyamuk yang membawa virus.

Baca Juga :

Leave a comment