Perekrutan CPNS Tahun 2016 Terbatas

Reporter : | 02 Feb, 2016 - 9:42 am WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Meskipun tahun 2016, Moratorium Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih tetap berlanjut. Namun bukan berarti, tertutup peluang warga yang ingin menjadi Aparat Sipil Negara (ASN). Hal ini karena, Pemerintah Republik Indonesia, tahun ini akan melakukan perekrutan terhadap CPNS tenaga Pendidikan, Kesehatan, Penegak Hukum dan sekolah kedinasan.

Melalui akun facebook-nya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, menyebutkan bahwa untuk moratorium CPNS sifatnya terbatas, sebab pemerintah masih tetap membuka penerimaan pegawai khusus untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, penegak hukum dan sekolah kedinasan untuk tahun 2016.

Sementara kebijakan moratorium yang masih berlanjut menurut Chrisnandi, dilaksanakan karena tuntutan Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara yang mengharuskan adanya penataan sumber daya manusia aparatur agar lebih berkualitas dan profesional. Sementara disisi lain, moratorium CPNS disebabkan situasi anggaran pemerintah saat ini masih terbatas.

“Sebab itu, pemerintah saat ini perlu rehat dulu dalam penerimaan pegawai,” ujar Chrisnandi dalam akun Facebooknya.

Terkait perekrutan CPNS yang terbatas ini, sejumlah warga di Kabupaten Minsel berharap, nantinya perekrutan CPNS di pemkasb Minsel, akan dilakukan secara jujur, adil, transparan dan bertanggungjawab.

“Sehingga nantinya calon CPNS yang terakomodir benar-benar memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, bukan diakomodir hanya karena kolusi, nepotisme atau kedekatan dengan pejabat serta faktor kekeluargaan,” ujar Rendis Langkai dan Yubel Pandey generasi muda Minsel. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment