Lantang Minta Warga Waspadai Bencana

Reporter : | 01 Feb, 2016 - 11:22 pm WITA

Ferdinand Lantang SSTP , musim hujan, Djufry Rorong SSos

Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon melalui juru bicara Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP meminta kepada warga Kota Tomohon untuk waspada terhadap bahaya bencana banjir dan longsor.

‘’Kepada mereka yang bermukim di wilayah rawan banjir dan longsor seperti di daerah tebing dan bantaran sungai agar waspada. Sebab, bencana itu tak kita ketahui kapan akan terjadi,’’ ungkap Lantang didampingi Kasubag Humas Djufry Rorong SSos.

Jika terjadi bencana lanjut Lantang, harus langsung dilaporkan ke pemerintah terdekat dalam hal ini kepala lingkungan, lalu diteruskan ke lurah, camat dank instansi teknis untuk memperoleh penanganan.

‘’Jangan lengah, sebab lengah sedikit saja akan fatal akibatnya,’’ tambah Lantang dan Rorong.

Seperti disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Dr Yunus Subagyo baru-baru ini, untuk potensi hujan lebat di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat pada bulan Februari 2016.

Hal ini ditandai dengan dengan aktifnya monsoon dingin Asia yang disertai dengan seruakan dingin, fase Madden Julian Oscillation (MJO) yang menunjukkan fase basah di wilayah maritim kontinen (Indonesia), Indian Ocean Dipole yang bernilai negatif, serta potensi daerah Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) yang akan semakin menguat.

Pada bagian lain, Lantang meminta kepada masyarakat petani untuk memanfaatkan kondisi saat ini untuk melakukan penanaman. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment