Kapal Listrik MVPP Zeynep Sultan Resmi Beroperasi

SULUT, (manadotoday.co.id) – Setelah ditunggu sebulan lebih, Kapal listrik MVPP Zeynep Sultan yang disewa Pemerintah Indonesia dari Negara Turki selama 5 Tahun, resmi beroperasi.

Kapal Listrik, MVPP Zeynep Sultan, Soni SumarsonoPengoperasian kapal berkapasitas 120 MW ini, ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Penjabat Gubernur Sulut DR. Sumarsono MDM, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dan GM PT PLN wilayah Suluttenggo Baringin Nababan, pada acara syukuran beroperasinya kapal tersebut di Amurang, Minahasa Selatan, Sabtu (30/1/2016).

Sumarsono dalam sambutannya, mengatakan, mudah mudahan dengan beroperasinya kapal genset ini akan menjawab krisis listrik yang terjadi selama ini di Sulut dan Gorontalo. “Krisis listrik ini sudah sangat meresahkah masyarakat di dua daerah (Sulut dan Gorontalo) ini. Saya dan Pak (Rusli) Habibie, hampir setiap hari mendapat caci maki dari rakyat kita ketika listrik padam,” ujar Sumarsono.

“Sebagai pimpinanan daerah kata dia, menganggap semua itu hanya sebuah dinamika saja, wajar apabila rakyat kecewa, karena listrik sudah menjadi bagian kebutuhan utama warga dalam mensuport berbagai bidang usaha yang di geluti mereka,” lanjut Sumarsono.
Disisi lain, menurut Dirjen Otda Kemendagri ini, kehadiran kapal Zeynep Sultan merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintahan pusat dalam mengatasi defisit daya listrik yang terjadi di berbagai daerah saat ini.

“Sulut dan Gorontalo patut bersyukur karena ini merupakan bagian dari 30 ribu MW program Presiden Joko Widodo, guna mengatasi devisit daya listrik di tanah air, yang dimulai dari sini. Mudah mudahan program nasional ini akan sukses sehinga kedepan Indonesia bisa terang benderang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sumarsono meminta supaya Penjabat Bupati Minsel Rene Hosang, ikut bertanggung jawab masalah keamanan kapal selama berada diwilayah ini, karena Aparat keamanan dari Korem 131 Santiago juga akan menjaga setiap hari kapal tersebut. (ton)