Parengkuan: Buang Sampah Sembarangan dari Kendaraan di Tomohon Ditindak Secara Hukum

Reporter : | 29 Jan, 2016 - 10:30 pm WITA

Sampah yang dibuang sembarangan di kompleks jembatan antara Kelurahan Kamasi I dan Kelurahan Kakaskasen

Sampah yang dibuang sembarangan di kompleks jembatan antara Kelurahan Kamasi I dan Kelurahan Kakaskasen

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny James Parengkuan MAP mengingatkan warga Tomohon maupun yang melintas di Kota Tomohon agar tidak sembarangan membuang sampah, terutama dari kendaraan.

Ini untuk menindaklanjuti upaya keras Pemerintah Kota Tomohon untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar yang nantinya akan berimplikasi langsung pada kesehatan dan peningkatan kreativitas dan inovasi masyarakat Kota Tomohon, yang selanjutnya akan berdampak pada perekonomian masyarakat.
Ia menegaskan bahwa kendaraan yang didapati membuang sampah sembarangan ketika melewati wilayah Kota Tomohon, tentu akan ditindak secara hukum.

‘’Apabila ada kendaraan dinas Pemerintah Kota Tomohon yang sengaja membuang sampah dari dalam kendaraan, maka kendaran dinas tersebut akan ditarik dari penggunaan dinas tersebut  siapapun penggunanya.
‘’Sebagai aparatur pemerintah tentu harus menjadi contoh dan teladan yang baik bagi seluruh masyarakat dalam segala hal termasuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, bukan sebaliknya,’’ tandasnya.
Sementara Kabag Humas dan Protokol Setdakot Tomohon Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP juga atas nama walikota meminta pengertian dari seluruh masyarakat Kota Tomohon maupun para pendatang dan pengemudi yang melewati wilayah Kota Tomohon agar tertib berlalulintas untuk keselamatan dan tidak seenaknya membuang sampah sembarangan dari dalam  kendaraan.

Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan (Tarumansa) Kota Tomohon Drs Octavianus DS Mandagi sangat mengharapkan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah pada saluran air, di lahan yang kosong, pekarangan orang lain maupun di jembatan-jembatan.

Contohnya di Jembatan lingkar Barat antara Kelurahan Kakaskasen dan Kelurahan Kamasi I yang sering menjadi lokasi pembuangan sampah. ‘’Sebagai masyarakat Kota religius mari kita budayakan cinta lingkungan dan jadikan Kota Tomohon Bersih, Indah dan Nyaman bagi semua orang.
Karena budaya bersih dan budaya membuang sampah pada tempatnya adalah gaya hidup orang Tomohon yang cerdas dan merupakan salahsatu
perwujudan orang Beriman,’’ tukas mantan Kabag Humas dan Protokol Setdakot Tomohon ini. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment