Beri Dukungan Ekstra Pada Wanita Hamil, Ini Tiga Alasan Mengapa Anda Harus Menyewa Doula

Reporter : | 29 Jan, 2016 - 4:22 pm WITA

Doula, jasa Doula, apa itu Doula

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Apakah Anda hamil atau mencoba untuk hamil? Penelitian baru dapat menginspirasi Anda untuk mempertimbangkan menyewa doula.

Sebuah studi yang diterbitkan bulan ini dalam jurnal Birth membandingkan dua kelompok wanita hamil: 1.935 wanita hamil di Minnesota yang menggunakan jasa doula dan 67.147 perempuan di AS yang tidak. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang menggunakan jasa doula memiliki peluang 22% lebih rendah melahirkan prematur, dan kecil kemungkinan memiliki operasi caesar. (Wanita dengan doula, 20,4% melahirkan caesar, dibandingkan dengan 34,2% wanita tanpa doula.)

Jika Anda belum pernah mendengar doula sebelumnya, mereka adalah profesional bersertifikat yang menawarkan dukungan emosional dan fisik selama kehamilan dan persalinan, baik di rumah sakit atau di rumah. Istilah doula iberasal dari kata Yunani yang berarti “seorang wanita yang melayani,” menurut asosiasi pelatihan DONA Internasional.

Dibawah ini ada tiga alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa doula dikutip dari Health.com.

Mereka memberikan perawatan dan dukungan ekstra

Meskipun setiap doula memiliki pendekatan unik, peran utama mereka adalah merawat ibu. “Doula menawarkan dukungan untuk wanita baik selama kehamilan dan setelah melahirkan,” jelas Jada Shapiro, wanita yang mendirikan layanan doula Birth Day Presence di New York City. “Di satu sisi, kami berusaha menciptakan sebuah tradisi lama di mana wanita diberikan dukungan oleh kerabat wanita selama kehamilan.”

Dan sementara doula bukanlah profesional medis, mereka memiliki pengetahuan tentang kehamilan dan persalinan yang luas, dapat sangat membantu bagi ibu hamil. “Kami bekerja sangat dekat dengan klien kami untuk membantu menafsirkan pilihan mereka,” kata Shapiro. Dia mengatakan, salah satu kesalahpahaman yang paling umum tentang doula adalah mereka mengganggu dokter kandungan. Shapiro mengatakan penting untuk dicatat bahwa ini tidak terjadi. “Doula melengkapi perawatan yang diberikan seorang dokter kepada wanita hamil,” katanya. “Kami tidak ikut campur dalam keputusan medis.”

Mereka membantu manajemen nyeri

“Doula terlatih dalam menawarkan berbagai teknik penghilang rasa sakit,” kata Shapiro, termasuk akupresur, hidroterapi, birthing balls, pijat, dan menyarankan perubahan posisi selama persalinan. Doula juga dapat membantu ibu hamil bersantai dengan citra menenangkan, musik, dan latihan pernapasan.

Mereka dapat membantu ibu merasa sedikit lebih tenang selama salah satu hari paling menantang dalam kehidupan mereka. “Saya percaya bahwa banyak ibu merasa lebih diperhatikan selama melahirkan dengan bantuan doula,” kata Shapiro.

Mereka berada di sana saat hari besar Anda

Doula adalah sumber daya yang dibutuhkan seorang ibu selama proses kehamilan, tetapi yang paling penting, mereka akan berada di sana ketika Anda akan melahirkan. “Doula biasanya siap selama 1×24 jam,” kata Shapiro. Ketika seorang wanita akan melahirkan, doulanya akan berada di sisi mereka untuk memberikan dukungan fisik dan emosional.

Baca Juga :

Leave a comment