Rawan Bencana, Pemkab Mitra Usulkan Rp4 Miliar ke BNPB

Reporter : | 28 Jan, 2016 - 12:32 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mitra di tahun 2016 ini akan mengusulkan anggaran sebesar Rp4 Miliar ke Pemerintah Pusat, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Usulan ini dilakukan BPBD Mitra, karena melihat kondisi wilayah daerah rawan bencana.

“Untuk sejumlah daerah rawan bencana kita usulkan anggaran ke BNPB pusat tahun 2016 ini dan akan dimanfaatkan untuk penguatan sejumlah titik sentral yang rawan bencana, seperti di Kecamatan Touluaan Selatan ada perbaikan dan pembuatan jembatan baru, yang merupakan penghubung Kecamatan Touluaan dan Touluaan Selatan, serta pembuatan jembatan ke Desa Ranoako,” ungkap Mokodaser.

Selain ada beberapa jembatan yang akan diperbaiki dan buat baru, ada juga penguatan tebing sungai Abuang di Desa Wioi Kecamatan Ratahan Timur, yang masuk status siaga darurat bencana banjir dan longsor, karena jarak pinggiran sudah dekat dengan pemukiman warga.

Sebelumnya, tahun 2015 Kabupaten Mitra mendapatkan sejumlah bantuan berupa pekerjaan maupun pengadaan barang, melalui bantuan Dana Siap Pakai (DSP), untuk penguatan tebing antara Kecamatan Touluaan dan Touluaan Selatan.

“Dengan besaran anggarannya Rp3,35 Miliar, serta penguatan tebing Desa Pangu-Wongkay Rp5,65 Miliar,” tukas Mokodaser. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment