Mendagri: Pelantikan Kepala Daerah Digelar Secara Bertahap

Reporter : | 27 Jan, 2016 - 7:29 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengatakan, pelantikan Pasangan Calon (Paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih, akan digelar secara bertahap. Dijelaskan dia, untuk Paslon tanpa sengketa hasil pemilihan kepala daerah (pilkada) di Mahkamah Konstitusi (MK), rencananya dilantik bulan Februari 2016.

“Minimal terdapat 61 bupati/wali kota dan dua gubernur yakni Gubernur Jambi dan Gubernur Kalimantan Selatan. Ini yang tanpa sengketa hasil di MK dapat dilantik Februari. Belum tahu tanggal persisnya,” ucap Mendagri, yang ditulis dalam laman resmi Kemendagri.

Lanjutnya, sedangkan bagi paslon terpilih tanpa persidangan lanjutan di MK, berpeluang juga untuk dilantik bulan Februari nanti.

“Artinya, meski terdapat sengketa hasil tapi MK menolak menindaklanjuti dikarenakan tak memenuhi persyaratan, bisa juga dilantik Februari. Kalau menunggu lagi kan lama. Kita cari yang terbaik saja,” terang Mendagri.

Ia menambahkan, untuk pelantikan tahap kedua dijadwalkan Maret 2016, serta pelantikan khusus bagi daerah yang akhir masa jabatannya Maret 2016. Sedangkan tahap ketiga direncanakan Juni 2016.

“Tahap akhir untuk pelantikan pascaputusan MK dan akhir masa jabatan April sampai Juni 2016,” pungkasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment