Ini Alasan Mengapa Anda Jangan Minum Kopi Setelah Jam Tiga Sore

Reporter : | 26 Jan, 2016 - 4:50 pm WITA

MANADOTODAY – Jam 3 sore merupakan jam kritis di mana kebanyakan orang masih di tempat kerja dan mulai diserang rasa kantuk. Hal ini membuat mereka tidak fokus saat bekerja, dan secangkir kopi sore bisa menjadi pemecah masalah.

Kopi dikenal sebagai minuman yang sempurna untuk membuat tubuh lebih aktif dan fokus, tetapi tidak selalu efektif terutama jika dikonsumsi pada waktu yang salah.

Apa yang terjadi jika kita minum kopi setelah jam tiga sore?

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang minum secangkir kopi saat sore? Anda harus tahu bahwa para ahli telah mereka menyarankan orang-orang untuk berhenti minum kopi saat sore, terutama setelah makan siang. Alasannya adalah bahwa jika Anda minum kopi setelah jam 03:00 sore, Anda akan memiliki masalah tidur di malam hari.

Anda masih bisa minum kopi untuk tetap terjaga, namun para ahli mengklaim bahwa Anda harus minum secangkir kopi saat pagi hari. Energi Anda akan meningkat saat minum kopi di pagi hari. Tetapi jika Anda meminumnya di sore hari, efeknya tidak akan sama karena jadwal tidur Anda menjadi korbannya.

Efek negatif yang akan dirasakan jika minum kopi saat sore hari:

Gangguan melatonin: Minum kopi setelah pukul 03:00 dapat mengganggu produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk tidur malam yang baik dengan mengendalikan jadwal tidur kita. Hormon ini akan memberitahu tubuh apakah sudah waktunya untuk tidur atau tidak.

Kurang tidur: Universitas Tel Aviv melakukan penelitian di mana setengah dari peserta meminum kopi setelah jam 3 sore dan setengah dari mereka tidak. Mereka yang minum secangkir kopi di sore hari, tidur lima setengah jam dan mereka yang tidak, tidur selama tujuh jam.

Kualitas tidur yang buruk: Meskipun peserta tidur hampir enam jam, peneliti membuktikan mereka mengalami efek samping.

Produksi melatonin dipicu dua jam sebelum tidur. Setelah itu produksi hormon pada tingkat tertinggi sekitar jam dua atau empat pagi dan kemudian menurun. Menurut para ahli, tingkat melatonin berkurang ketika Anda minum kopi saat jam tiga sore atau setelah. Jadi, minumlah secangkir kopi saat pagi hari atau sebelum jam 3 sore, jika Anda ingin menghindari masalah tidur.

Baca Juga :

Leave a comment