Ribuan Bayi Lahir Dengan Kondisi Kepala Kecil, Diduga Disebabkan Virus Zika yang Disebarkan Nyamuk Aedes

Reporter : | 22 Jan, 2016 - 3:20 pm WITA

Ribuan Bayi Lahir Dengan Kondisi Kepala Kecil, Diduga Disebabkan Virus Zika yang Disebarkan Nyamuk

(foto: AP/Mail Online)

MANADOTODAY – Kasus bayi yang lahir dengan kepala kecil terus meningkat di Brazil di mana para peneliti mengatakan mereka telah menemukan bukti baru yang menghubungkan peningkatan virus Zika.

Mikrosefali adalah gangguan neurologis di mana bayi dilahirkan dengan craniums dan otak yang lebih kecil, dan diyakini disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh nyamuk pertama kali terlihat di Afrika pada tahun 1947.

Lonjakan kasus terjadi sejak virus itu pertama kali terdeteksi tahun lalu di Brazil, membuat kementerian memperingatkan wanita hamil untuk menggunakan obat nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk.

Kementerian kesehatan Brasil mengatakan jumlah kasus mikrosefali meningkat dari 3.530 kasus menjadi 3.893 kasus pada 16 Januari tahun 2016

Jumlah kematian bayi naik menjadi 49, kata pejabat kementerian dalam sebuah konferensi pers dikutip dari Mail Online.

Sejauh ini, otoritas kesehatan menegaskan hanya enam kasus mikrosefali yang terhubung dengan virus Zika.
Tapi pada hari Selasa, peneliti Brasil mengambil langkah lain untuk membuktikan Zika dapat menyebabkan mikrosefali.

Pusat biomedis Fiocruz di Curitiba mengumumkan telah menemukan virus Zika pada plasenta dari seorang wanita yang mengalami keguguran, membuktikan virus dapat mencapai janin.

Sampai saat ini, peneliti hanya menemukan zika dalam cairan ketuban dari dua wanita hamil.

“Ini adalah kemajuan yang signifikan, tapi kami masih tidak bisa secara ilmiah menyatakan bahwa Zika adalah penyebab mikrosefali,” kata Jean Peron, seorang ahli imunologi.

Virus Zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti, yang juga dikenal membawa penyakit demam berdarah, demam kuning dan virus chikungunya.

Baca Juga :

Leave a comment