Penting!!! Revolusi Mental Bagi ASN Pemkab Minsel

Reporter : | 22 Jan, 2016 - 9:39 am WITA

Catatan Awal Tahun oleh Aldy Monareh

Catatan Awal Tahun, aldy monareh,

Aldy Monareh

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Aparat Sipil Negara (ASN) adalah abdi negara yang memiliki tanggungjawab pelayanan kepada masyarakat. Kemajuan pembangunan suatu daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat juga sangat ditentukan oleh peran dan kontribusi ASN. Namun ironsinya, di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), peran dan tanggungjawab itu, sering dilupakan oleh ASN yang merupakan panutan masyarakat. Dan ini dapat dilihat dari minimnya kehadiran para pejabat, staf maupun tenaga kontrak saat jam kerja di awal tahun 2016 pada kepemimpinan penjabat Bupati Ir Rene Hosang.

Bukan hanya itu, tidak sedikit ASN yang justru keluyuran atau pulang lebih awal meskipun masih jam kerja berlangsung. Mirisnya lagi, ada sejumlah oknum ASN bahkan pejabat yang ke luar daerah tanpa ada pemberitahuan ke pimpinan. Sehingga kondisi ini merugikan masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Padahal di berbagai kesempatan pimpinan eksekutif selalu mengingatkan peningkatan kinerja, profesionalisme, loyalitas serta tanggungjawab dan pelayanan prima ASN kepada masyarakat.

Menilik permasalahan diatas dapat disimpulkan sangat perlu pembangunan revolusi mental bagi para ASN di lingkungan Pemkab Minsel. Sebagaimana yang digaungkan Presiden RI Jokowi, dengan harapan revolusi mental akan merubah pola pikir, kinerja ke arah yang lebih baik serta tanggungjawab sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

Disamping itu, hal lainnya perlu ketegasan para pimpinan yang berwenang dalam memberikan sanksi bagi para ASN yang tidak bertanggungjawa sebagai efek jerah menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Apalagi hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang kode etik ASN. Jika pembangunan revolusi mental kalangan ASN terwujud dibarengi dengan ketegasan para pimpinan memberikan sanksi bagi yang melanggar, niscaya tanggungjawab ASN memberikan pelayanan kepada masyarakat akan prima dan visi Kabupaten Minsel berdikari cepat dan terdepan akan terwujud. Semoga. (aldy monareh)

Baca Juga :

Leave a comment