Proyek TA 2016 di Sulut, Sumarsono: Utamakan Kontraktor Lokal

SULUT, (manadotoday.co.id) – Lelang proyek Tahun Anggaran (TA) 2016 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) segera dimulai. Terkait hal tersebut, Penjabat Gubernur DR. Sumarsono MDM, mengingatkan kepada pelaksana proyek, untuk mengutamakan kontraktor lokal pada pengerjaannya.

“Ini merupakan hasil pertemuan Para Gubernur se-Indonesia, OJK dan Pimpinan Bank Pembangunan Daerah, dengan Presiden Joko Widodo baru lalu di Jakarta. Pak Presiden menghimbau kepada seluruh Gubernur supaya mempercayakan kontraktor lokal untuk mengerjakan setiap paket proyek yang ada di daerah, agar sirkulasi dana yang diberikan pusat ke daerah tidak kembali ke pusat, melainkan hanya berputar demi kemajuan pembangunan daerah,” ujarnya

Di sisi lain, kepada kantraktor daerah yang kesulitan terkait dengan peralatan atau material yang harus didatangkan dari luar daerah, dapat bekerja sama dengan kontraktor nasional guna menunjang kelancaran pekerjaan yang ada.

“Oleh karena itu, peluang yang diberikan ini kiranya dapat memacu kinerja kontraktor lokal dalam berkompetisi mengerjakan tender proyek yang sudah dimenangkan dengan menyelesaikannya sesuai kontrak yang ada, serta tidak menunda-nunda pengerjaan proyek tersebut,” jelasnya.

Sumarsono pun menginformasikan, hasil pertemuan dengan Presiden Jokowi yaitu soal pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa Agunan guna menggerakan roda perekonomian daerah.

“jangan kita plesetkan KUR ini dengan istilah Kredit tanpa Angsuran, itu tidak benar, karena yang namanya kredit tentu harus dilunasi kembali dengan bunga yang ringan,” jelas Sumarsono. (ton)