DPRD Bolsel Konsultasi Masalah Batas Wilayah di Pemprov Sulut

DPRD Bolsel , Bolaang Mongondow Selatan , Marsel Aliu,
Pertemuan personil DPRD Bolsel dengan Biro Pemerintahan Setdaprov Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dibawa pimpinan Ketua DPRD Bolsel Marsel Aliu, melakukan konsultasi terkait permasalahan batas wilayah antara Bolsel dan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin (18/1/2016).

Tim yang juga dihadiri Ketua Komisi I Ruslan Paputungan dan Empat anggota Komisi I masing-masing Moh. Sukri Adam, Supatia Kobandaha, Marini Suryadi Harja dan Petru Keni, diterima langsung Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Sulut DR. Jemmy Kumendong MSi, didampingi Kabag Pemerintahan Boslar Sanger SE.

Kumendong menjelaskan, penyelesaian masalah batas antara Kabupaten Bolsel dan Bolmong, sudah menyesuaikan melalui tahapan-tahapan sebagaimana tertera pada Permendagri Nomor 76 Tahun 2012. Dimana dalam salah satu pasal menyatakan bahwa apabila kedua bela pihak tidak ada kesepakatan bersama, maka Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Gubernur DR. Sumarsono MDM dapat memfasilitasi dan atau memutuskan untuk di usulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk proses selanjutnya, untuk penetapan Permendagri.

Kumendong pun menyatakan dukungan kedua belah pihak, dan sudah diteruskan ke Mendagri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Depdagri.

“Kami juga harap kiranya Komisi 1 DPRD Bolsel dapat mengkomunikasikan dengan DPRD Bolmong lewat Komisi 1 DPRD Provinsi Sulut, karena ini merupakan salah satu jalan keluar yang dianggap elegan untuk menyelesaikan masalah batas kedua daerah tersebut,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Bolsel Marsel Aliu menyatakan, pihaknya siap melaksanakan arahan tersebut, dan hendak kiranya masalah batas ini secepatnya di tuntaskan.

Kabag Pemerintahan Boslar Sanger SE, menyebutkan, sampai saat ini masih ada beberapa segmen batas yang harus dituntaskan sebagaimana amanat dari Pak Gubernur Sumarsono yaitu batas Minahasa-Tomohon, Minahasa-Minsel, Bolmong-Kotamobagu dan batas antara Minsel dan Boltim.

Turut hadir pada pertemuan itu, Kabag Otda Dra Leilany Makalew, Kabag Kemasyarakatan Drs G Kontul MEd, Kasub Dekon dan TP Christian Iroth SSTP, Kasubag Pemerintahan Umum Jenny Paomey SSTP, MSi,Kasubg Dukcapil Drs Tonny Panungkelan. (ton)