Sering Lakukan Empat Hal Ini Saat Mandi, Hati-hati Kulit Anda Bisa Rusak

Reporter : | 13 Jan, 2016 - 11:54 pm WITA

Mandi, kebiasaan mandi,

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Anda mungkin mungkin berpikir mandi adalah rutinitas yang biasa kita lakukan untuk membersihkan tubuh. Tapi, kebiasaan ini dapat memberikan efek negatif jika dilakukan dengan cara yang salah selama berulang-ulang. Menurut Health.com, inilah hal-hal yang dapat merusak kulit yang biasa kita lakukan saat mandi.

1. Air yang terlalu panas.

Kulit kering dan gatal? air yang terlampau panas mungkin menjadi alasanya. “Jika banyak uap yang keluar, maka itu tanda bahwa Anda mandi dengan air yang terlalu panas,” kata Melissa Piliang, MD, dermatolog di Klinik Cleveland. Selain mengeringkan kulit, Dr. Piliang memperingatkan bahwa air panas dapat memicu eksim.

2. Menggunakan sabun yang keras.

Anda mungkin menyukai bunyi melengking yang terdengar saat menggosok kulit Anda, tetapi sabun dengan agen antibakteri atau deterjen keras dapat membuat kulit Anda beresiko.

Sensasi melengking terjadi ketika semua minyak alami telah dibersihkan dari kulit. Sebaliknya, “minyak bertindak sebagai pelumas agar tangan Anda akan meluncur mulus di atas kulit,” kata Dr Piliang. Tanpa pelindung itu, kulit Anda akan lebih tersiksa jika terkena air panas, hembusan angin, dan hal-hal lain yang berpotensi mengeringkan kulit.

Terlebih lagi, triclosan, bahan antibakteri digunakan pada sabun, telah dikaitkan dengan masalah kesehatan yang lebih serius. US Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa bahan tersebut tidak beracun bagi manusia, tetapi studi pada hewan telah menunjukkan bahwa triclosan dapat mengubah kadar hormon. Studi laboratorium lainnya telah mengaitkan bahan kimia itu terhadap pengembangan resistensi antibiotik.

Dr. Piliang merekomendasikan untuk tidak menggunakan sabun antibakteri, dan mencari produk yang bebas pewangi dan mengandung pelembab.

3. Terlalu bersemangat menggosok tubuh.

Kecuali tubuh Anda penuh kotoran, satu-satunya tempat yang perlu penting untuk disabun adalah ketiak dan selangkangan Anda. Sisanya biar air yang lakukan, jelas Robynne Chutkan, MD, penulis buku The Microbiome Solution.

Selain itu, minyak alami kulit yang terkikis saat menggosok kulit mengandung bakteri “baik” yang penting untuk kesehatan kulit. Menggosok dari kepala sampai kaki, bahkan Anda menggunakan sabun halus, tetap dapat mengikis bakteri baik yang membantu melindungi Anda dari jerawat, eksim dan kulit kering.

4. Mandi tidak menggunakan alas kaki.

“Infeksi jamur dan kutil dapat Anda dapatkan di pemandian umum,” Dr Piliang memperingatkan. “Memakai sepatu mandi atau sandal jepit ketika Anda berada di dalam dan keluar dari kamar mandi dapat membantu menghindari masalah ini.”

Baca Juga :

Leave a comment