Tahun 2016 Dinas PU Kabupaten Minahasa Anggarkan Rp 110 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Reporter : | 13 Jan, 2016 - 10:28 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) –  Kepala Dinas PU Minahasa, Ir Jhon Kussoy MT, Rabu (13/01) mengatakan, tahun 2016 ini, telah dianggarkan sebesar Rp 110 Miliar dalam APBD Minahasa tahun 2016 untuk pembangunan infrastruktur jalan di Minahasa.

Juga, untuk perbaikan jalan milik Provinsi Sulut di Minahasa, Pemprov akan mengucurkan dana sebesar Rp 170 Miliar

“Kita bersyukur bahwa dana yang tertata dalam APBD kita cukup signifikan untuk perbaikan dan pembangunan jalan, dan disisi lain kita pun patut bersyukur sebab Pemprov Sulut juga menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk perbaikan jalan yang menjadi tanggung jawab mereka di Minahasa,”ujar Kusoy.

Menurutnya ada sejumlah jalan yang statusnya dinaikkan menyusul usulan yang diajukan ke Pemprov Sulut tahun lalu, di mana sebanyak 11 ruas jalan yang  panjangnya mencapai sekitar 77 Kilometer (Km) yang dulunya berstatus jalan kabupaten, kini dinaikkan menjadi jalan provinsi dan menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

“Berdasarkan Surat Keputusan oleh Gubernur Sulut Tahun 2015 lalu, tentang peningkatan status jalan, yang perealisasiannya berlaku tahun 2016 ini di mana awalnya jalan tersebut tanggung-jawab Pemkab Minahasa kini menjadi tanggung-jawab Pemprov,”tutur Kusoy.

Tambah Kusoy, dari total panjang jalan 920 Km yang ada di Minahasa, 431 Km diantaranya kini menjadi tanggung jawab Pemprov Sulut.

Adapun ruas jalan yang dialihkan statusnya yaitu ruas jalan Warembungan-Sea 6 Km, Sea-Kalasey 6,5 Km, Sasaran-Rurukan 3,1 Km, Tataaran-Remboken 9,55 Km terbagi dua ruas jalan, Tataaran-Tonsaru 4,1 Km, Remboken-Kawangkoan 10,9 Km, Langowan-Palamba 18 Km terbagi dua ruas jalan dan Tondano-Korakora 19,1 Km terbagi dua ruas jalan. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment