Pemkab Minahasa Gelar Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan untuk SKPD

Reporter : | 11 Jan, 2016 - 10:11 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Demi memantapkan pengelolaan keuangan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Minahasa, Pemkab Minahasa menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan pelatihan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah bebasis akrual Tahun 2016 ke semua SKPD.

Sekda Minahasa Jeffry R Korengkeng SH M.Si, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Tateli Beach Resort, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pengelola keuangan pemerintah daerah khususnya dalam laporan keuangan.

“Atas nama pemkab Minahasa menyampaikan terima kasih kepada nara sumber dan peserta, dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mengupayakan kegiatan ini,” ucap Korengkeng.

Dikatakan dia, kegiatan ini sangat strategis dalam menata dan mengoptimalkan pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, kegiatan ini lebih menekankan pada peningkatan kapasitas aparatur dalam menyiapkan laporan keuangan yang berbasis akrual sehingga dapat meningkatkan profesionalitas dibidang penyusunan laporan dibidang keuangan di tiap SKPD, yang diarahkan guna mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabable dan partisipatif sesuai amanah reformasi dibidang otonomi daerah.

Menurut Korengkeng lagi, dewasa ini berbagai peraturan tentang pengelolaan keuangan daerah yang diterbitkan akhir-akhir ini. Semua itu di maksudkan agar alur dan pengeloaan keuangan lebih baik dengan memperhatikan dan berpedoman pada peraturan agar tercipta kualitas pengolaan keuangan secara transparan.

“Melalui Bimtek dan pelatihan ini para peserta di harapkan ada perubahan sikap, peningkatan ketrampilan, pengetahuan, dan wawasan serta pemahaman berkaitan dengan ketentuan-ketentuan pengelolaan keuangan daerah dan lebih bertanggung jawab dalam mengelola keuangan guna mengejar target wajar tanpa pengecualian sebagaimana yang telah menjadi target pemerintah dalam hal pengelolaan keuangan,” pungkasnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment