Terasa Nyeri dan Kemerahan, Ternyata Ada Cacing Dalam Mata Pria Ini

Reporter : | 11 Jan, 2016 - 9:23 pm WITA

Cacing , Mata , cacing Loa Loa,

(foto: BMJ Case Reports)

MANADOTODAY – Seorang pria yang memiliki penglihatan kabur, mata kemerahan dan terasa sakit ternyata memiliki cacing hidup yang menggeliat di dalam matanya.

Dokter mengatakan cacing mungkin telah masuk dalam lapisan bola mata dan tumbuh di sana.

Pria 25 tahun pergi ke dokter setelah mengalami nyeri di mata kirinya selama dua minggu. Ketika petugas medis di New Delhi memeriksanya, ia memilik penglihatan 20/20 di mata kanannya tapi 20/160 di kirinya – tingkat yang dianggap tunanetra.

Mereka merawatnya, melaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports, bahwa ada cacing hidup yang bergerak di bola matanya.

Pasien tersebut adalah seorang penjual buah yang berasal dari wilayah timur India.

Cacing ditemukan pada rongga vitreous, bagian dari mata di belakang lensa dan di depan retina, lapisan peka cahaya di belakang mata.

Itu berisi cairan seperti gel yang disebut humor vitreous, yang membantu mempertahankan bentuk mata, dan merupakan lingkungan hidup yang sempurna untuk cacing parasit.

Ahli bedah memutuskan melakukan operasi untuk mengangkat cacing karena mata pasien sudah meradang dan obat anti-parasit yang digunakan untuk membunuh cacing mungkin telah mengakibatkan reaksi yang lebih toksik, kata para dokter.

Setelah cacing telah diangkat, itu dikirim ke departemen mikrobiologi untukĀ  diperiksa, di mana para ilmuwan mengidentifikasi cacing tersebut sebagai cacing Loa Loa, dikenal dengan nama Latin L.Loa. L.Loa adalah cacing gelang atau nematoda.

Cacing laki-laki dewasa dari jenis tersebut bisa tumbuh hingga panjang 34mm panjang, dan perempuan bisa mencapai 70mm.

Baca Juga :

Leave a comment