JWS: Saya Akan Copot Lurah yang Lakukan Pungli Pengurusan Dokumen

Reporter : | 08 Jan, 2016 - 2:56 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow M.Si (JWS), meminta kepada warga untuk segera melaporkan kepada dirinya jika ternyata ada Lurah yang melakukan pungutan liar (Pungli) untuk pengurusan berbagai dokumen kependukan di kantor Lurah.

JWS mengaku berang, setelah dirinya banyak mendapat laporan dari warga perihal masih adanya tindakan tak terpuji dari Lurah yang masih saja melakukan praktek tak senonoh itu.

“Saya minta warga harus berani melapor ke Bupati atau pejabat lainnya, jika mendapat perlakuan tak terpuji dari Lurah yang meminta uang untuk alasan pengurusan surat-surat apapun di kantor Lurah,” tegasnya, Jumat (8/1/2015).

Menurutnya, dana oprasional untuk tiap kelurahan di tahun 2016 naik cukup siginifikan, jika sebelumnya hanya Rp 10 juta, tahun 2016 ini menjadi Rp 25 juta. Dengan dana sebesar itu tidak ada alasan untuk melakukan pungli.

Diapun mengancam akan mencopot jabatan lurah jika dirinya mendapat laporan dan setelah di cek atau di telusuri bahwa benar aknum lurah melakukan perbuatan yang tercelah itu.

Dana operasional yang sudah tertata dalam APBD 2016 ini sudah melebihi dari cukup jika di lihat intensitas kinerja dan pelayanan di kantor Lurah.

“Jangan coba-coba meminta sepeser uang kepada masyarakat dengan alasan apapun untuk mengurus surat apapun, jika saya temukan maka jabatan menjadi taruhannya, bahkan jika perluh di proses secara hukum sebab tindakan tersebut jelas-jelas melawan hukum, yakni meminta atau menerima uang dari siapapun dengan alasan untuk memperlancar atau memuluskan sesuatu urusan,” pungkas JWS. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment