Apakah Rambut Beruban Saat Usia Muda Merupakan Tanda Masalah Kesehatan

Reporter : | 06 Jan, 2016 - 5:55 pm WITA

uban, rambut beruban

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Rambut putih adalah salah satu tanda dari penuaan. Namun, beruban saat usia muda tidak selalu berarti bahwa Anda semakin mendekati akhir masa hidup Anda. Uban terjadi ketika folikel rambut memproduksi sedikit melanin, pigmen yang memberikan warna rambut.

Uban umumnya dimulai pada usia 30-an, meskipun beberapa orang beruban saat usia 20-an. Usia beruban berhubungan dengan etnis, (bule cenderung beruban lebih awal dibandingkan dengan orang Asia dan Afrika-Amerika), serta riwayat keluarga.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa beruban saat usia muda, ada beberapa kemungkinan mengapa itu terjadi. Salah satunya adalah merokok. Juga faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet dan udara polutan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, beruban prematur dapat menjadi tanda dari masalah medis, seperti vitiligo (suatu kondisi yang menyebabkan kulit kehilangan pigmentasi nya), anemia pernisiosa (di mana tubuh kesulitan menyerap vitamin B12) atau masalah yang melibatkan hipofisis atau kelenjar tiroid.

Baca Juga :

Leave a comment