Danrem, Dandim, Bupati Mitra Pantau Dampak Letusan Gunung Soputan

Reporter : | 06 Jan, 2016 - 12:19 pm WITA

tmp_20021-received_10205620343014120351553494SILIAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) di bawah pimpinan Bupati James Sumendap SH terus melakukan pemantauan di sejumlah wilayah Minahasa Tenggara (Mitra) khususnya yang kena dampak letusan Gunung Soputan, Selasa (5/1/2016).

Pemantauan dilakukan bersama Komandan Resort Militer (Danrem) 131 Santiago, Brigjend TNI Sulaiman Agusto SIP MM, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1302 Minahasa, Letkol CZI Muhamad Andhy Kusuma SSos MM, hingga menembus hingga ke lokasi pendakian dan akses utama warga di kaki Gunung Soputan.

“Kita ingin memastikan bahwa tidak ada lagi warga yang masuk dan beraktivitas di radius 6,5 kilometer sebagaimana penegasan petugas dari pos pemantau Gunung Soputan di pusat mitigasi, vulkanologi dan bencana geologi,” kata Bupati .

Ada informasi bahwa sebelum erupsi Gunung Soputan ada sejumlah warga yang melakukan pendakian.

“Namun semua sudah turun dan tak ada yang terjebak,” ungkapnya.

Hanya saja, sesudah erupsi pertama, ungkap Bupati, masih saja ada warga yang berkativitas di dekat wilayah Gunung Soputan, utamanya para petani cap tikus.

“Mungkin mereka sudah biasa dengan kondisi seperti ini. Apalagi erupsi kali ini tidak begitu besar. Sehingga mereka tetap beraktivitas dan menjalankan mata pencaharian mereka seperti biasa,”kata Sumendap.

Dalam pemantauan ini juga dikuti sejumlah pejabat pemkab yakni Kepala Dinas Kesehatan, dr Rinny Tamuntuan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Joppy Mokodaser SH, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Sonny Wenas SSos MM, Camat Tombatu Niko Damongilala dan Camat Silian Raya Meidy Tangian. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment