Tahun 2016, Pemkot Bitung Terapkan SAP Berbasis Akrual

Reporter : | 06 Jan, 2016 - 9:51 am WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Guna mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih berkualitas, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di tahun 2016 ini, akan menerapkan System Akuntansi Pemerintah (SAP) berbasis akrual.

“Sistem akuntansi berbasis Akrual, yang sudah mulai disesuiakan pada tahuin 2015 akan diterapkan secara keseluruhan pada tahun 2016, termasuk transaksi yang akan dilakukan pada bulan Januari ini, “ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Barang Milik Daerah (BPK BMD) Pemkot Bitung Frangky Sondakh.

Penerapan system ini, menurut Sondakh, akan memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah, masyarakat sebagai pengguna laporan keuangan, maupun bagi pengembangan profesi akuntansi dibandingkan dengan akuntansi berbasis kas.

“Nah, bagi pemerintah system ini akan memberikan informasi yang lebih transparan mengenai biaya pemerintah serta peningkatkan kualitas pengambilan keputusan di dalam pemerintah , tidak sekedar informasi yang berbasis kas,” jelasnya.

Sementara manfaat bagi masyaraka, dengan basis akrual memungkinkan masyarakat sebagai pengguna laporan untuk menilai akuntabilitas pengelolaan seluruh sumber daya serta dapat menilai peningkatan kinerja pemerintah,

“Dengan system ini jelas akan memerikan dampak bagi peningkatan dan kemajuan pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tukasnya. (des)

Baca Juga :

Leave a comment