Gunung Soputan Meletus, Warga Noongan dan Raringis Hujan Debu Vulkanik

Reporter : | 05 Jan, 2016 - 8:17 am WITA

IMG_20160105_081050TONDANO, (manadotoday.co.id) – Gunung Soputan yang terletak diantara Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara, dan Minahasa Selatan, kembali meletus, Senin (4/1/2016) sekitar Pukul 21.30 Wita.

Akibat meletusnya gunung api tersebut, sejumlah Desa di Kecamatan Langowan Barat seperti Desa Noongan 1, 2 dan 3 serta Desa Raringis hujan debu vulkanik akibat muntahan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia ini.

“Hujan abu Gunung Soputan dibawah angin mengarah ke barat, tepatnya di wilayah kecamatan Langowan Barat dan menimpah bebarapa Desa yakni Desa Noongan 1,2, dan 3, dan Desa Raringis kabupaten Minahasa,” ucap warga Noogan Herry Soriton dan Jeksen Kewas.

Meski begitu, belum ada warga yang mengungsi akibat letusan tersebut, sebab selain debu vulkanik yang makin tebal jarak Desa tersebut dengan Gunung Soputan terbilang dekat yakni sekitar 8 Km.

Pantauan manadotoday.co.id, terlihat jelas api memerah membakar tubuh gunung tersebut.

“Belum ada gerakan untuk menjauhkan diri dari bahaya letusan dan semburan debu, warga masih tetap berada di rumah masing-masing,”tutur keduanya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment