Hama Ulat Bulu Menyerang, Petani Jagung di Minsel Terancam Gagal Panen

Reporter : | 28 Des, 2015 - 10:24 am WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Produksi Jagung di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) beberapa pekan kedepan terancam menurun. Hal ini dikarenakan tanaman jagung di sebagian wilayah Kabupaten Minsel, kini terserang hama ulat bulu, yang berakibat gagal panen.

“Ya, hama ini menyerang batang, sampai membuat tanaman jagung mati dan ini sudah berlangsung hampir dua pekan terakhir, ” kata Tommy L salah satu petani jagung di Kecamatan Tenga.

Jika tidak segera diatasi, dipastikan para petani jagung, akan menderita kerugian materi yang sangat besar. Apalagi jagung di Kabupaten Minsel merupakan salah satu komoditi andalan selain kopra dan cengkih.

“Saya berharap instansi terkait secepatnya melakukan langkah, guna mengatasi masalah hama jagung ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Minsel, Decky Keintjem ketika dimintai tanggapan soal hama jagung ini, menyatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti dengan melakukandilapangan.

“Akan dilakukan pemeriksaan tanaman jagung dilapangan. Dan dtindaklanjuti dengan memberikan obat pembunuh hama, sehingga petani tidak akan merugi,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment