Dalam Waktu Dekat Satu Anak Bisa Memiliki 32 Orang Tua Kandung

Reporter : | 18 Des, 2015 - 2:33 pm WITA

vitro gametogenesis, IVG, orangtua multipleks

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Kemajuan dibidang ilmu pengetahuan akan segera memungkinkan satu anak memiliki lebih dari dua orang tua, ahli hukum memperingatkan.

Kedatangan ‘orangtua multipleks’ hanya ‘masalah waktu’ setelah teknik yang digunakan dibuktikan berhasil pada tikus, menurut sebuah penelitian.

Secara teori, lebih dari tiga orang tua – dari kedua jenis kelamin – bisa memberikan DNA untuk membuat bayi.

Sonia Suter, seorang profesor hukum di Universitas George Washington, telah menyelidiki masalah yang diangkat dari teknik yang disebut vitro gametogenesis (IVG).

Metode ini juga bisa digunakan untuk membuat anak dari hanya satu orang tua, juga harapan untuk orang dewasa yang tidak bisa memiliki anak.

Profesor Suter mengatakan dikutip dari Mail Online: “IVG bisa memfasilitasi orangtua multipleks, di mana kelompok lebih dari dua individu – apakah semua laki-laki, semua perempuan, atau kombinasi – berkembang biak bersama, menghasilkan anak-anak yang merupakan keturunan genetik mereka.”

Dia juga mengatakan orang tua multipleks secara teoritis dapat memberikan ‘efek positif’ untuk anak karena banyak orang dewasa yang merasa bertanggung jawab untuk kesejahteraan anak. Tapi, dia mengatakan konflik mungkin akan muncul tentang peran dari banyak orang tua.

Semakin banyak orang tua biologis bearti semakin kecil hubungan genetik mereka pada anak. Seorang anak dengan dua orang tua misalnya, masing-masing memberikan 50 persen genetiknya pada anak. Jadi, seorang anak yang dibuat oleh empat orang menggunakan IVG, berarti anak memiliki DNA sebanyak 25 persen dari setiap orang tua – setara dengan jumlah genetik yang diberikan seorang kakek bagi cucu mereka.

Dengan metode ini, satu orang anak bisa memiliki hingga 32 orang tua kandung.

Ilmu di balik IVG bergantung pada sel-sel yang dapat dibuat untuk berkembang menjadi sperma atau sel telur, yang dikenal secara kolektif sebagai gamet. Ini berarti seorang wanita bisa menghasilkan sel sperma, atau seorang pria bisa menghasilkan sel telur.

Baca Juga :

Leave a comment