Berita Buruk Untuk Penggemar Film Horor, Film Jenis Ini Ternyata Bisa Mengancam Jiwa Anda

Reporter : | 17 Des, 2015 - 8:31 pm WITA

Film Horor, pembekuan darah, faktor VIII

Insidious (foto: Focus Features)

MANADOTODAY – Jika Anda seorang penggemar film horor, maka menurut para ilmuwan, kesehatan Anda mungkin dalam bahaya.

Karena menurut penelitian baru, tampaknya film menakutkan dapat mengentalkan darah, meningkatkan risiko mengembangkan pembekuan darah.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli Belanda dan diterbitkan dalam jurna BMJ, bertujuan untuk membuktikan bahwa menonton film horor dapat meningkatkan produksi bahan pembekuan dikenal sebagai Faktor VIII – yang dapat menyebabkan trombosis / pembekuan darah – dalam tubuh.

Mengapa? Nah ternyata tugas normal dari bahan ini adalah untuk mempersiapkan tubuh dari kehilangan darah saat situasi yang mengancam jiwa – tetapi juga dapat dipicu oleh rasa takut saat menonton sesuatu.

Setidaknya itulah yang mereka temukan selama penelitian yang meneliti 24 sukarelawan sehat yang diminta menonton film horor, pendidikan dan film non-horor.

14 dari peserta diminta untuk menonton film Insidious yang dibintangi Patrick Wilson dan Rose Byrne, diikuti film pendidikan A Year In Champagne, sisanya 10 peserta menonton flickz untuk efek pembalikan.

Dan benar saja, tingkat Factor VIII meningkat sebanyak 57 persen pada mereka yang menonton Insidious, tetapi hanya tiga persen pada mereka yang menonton film lain.

Sebaliknya, hanya 43 persen dari peserta yang menonton film horor mengalami penurunan tingkat Factor VIII, dibandingkan dengan 86 persen pada relawan yang menonton film non-horor.

“Kami menemukan menonton film horor atau ‘mengerikan’, dikaitkan dengan peningkatan faktor VIII dalam darah,” kata peneliti Dr Banne Nemeth dikutip dari Metro.co.uk.

Baca Juga :

Leave a comment