Astaga, Asteroid Raksasa Bisa Picu Gempa Bumi dan Gunung Meletus Saat Malam Natal!!

Reporter : | 17 Des, 2015 - 4:08 pm WITA

Asteroid Raksasa,  2003 SD220, NASA

(foto: NASA)

MANADOTODAY – Sebuah asteroid raksasa dapat memicu gempa bumi dan gunung meletus, dan semua itu dikhawatirkan terjadi saat malam natal.

Batu raksasa itu memiliki lebar sekira 1,5 mil, dan saking besarnya dapat memusnahkan seluruh benua jika menyembar bumi.

Nasa telah memantau asteroid yang bepergian sekira 17,5 mil per detik.

Para ilmuwan sekarang semakin khawatir karena asteroid itu kemungkinan lebih besar dari yang diperkirakan karena sebagian tersembunyi akibat kondisi ruang angkasa yang gelap.

Karena ukurannya, tarikan gravitasi bisa mendatangkan malapetaka di Bumi – menyebabkan gempa besar dan mengaktifkan gunung berapi.

Asteroid hanya satu dari 17 asteroid yang para ilmuwan golongkan sebagai “prioritas tinggi” karena ancamannya bagi planet bumi, dengan 10 dari mereka memicu ketakutan karena ukurannya.

Batu asing tersebut bernama 2003 SD220 dan di jalur yang jauh dari bumi, 6,7 juta mil, namun para astronom mengatakan orbit mungkin dapat berubah.

Laporan dari NASA berbunyi “Sedikit yang diketahui tentang 10 (asteroid) lain berprioritas tinggi selain ukuran yang sangat besar dan orbit heliosentris yang membuat enam dari mereka berpotensi berbahaya bagi Bumi.”

Baca Juga :

1 comment

  1. ACT mengatakan:

    banyak kejadian yang memicu bencana alam
    Ketika gempa memang sering terjadi meskipun skala kecil, diharapkan terutama untuk masyarakat di kawasan rawan gempa dan tsunami diadakan edukasi penanggulangan dan mitigasi

Leave a comment