Tri Rachayu Lantik Esther Lumingkewas Ketua PKK Minsel dan Nurbiaity Lapatola Ketua PKK Bolsel

Dra. Tri Rachayu Sumarsono,Esther Hosang Lumigkewas SE, Nurbiaity Damopolii-Lapatola ,  TP PKK
Pelantikan Ketua PKK Minsel dan Ketua PKK Bolsel

SULUT, (manadotoday.co.id) – Ketua TP PKK Provinsi Sulut Dra. Tri Rachayu Sumarsono, melantik Esther Hosang Lumigkewas SE, sebagai Ketua PT PKK Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Nurbiaity Damopolii-Lapatola sebagai Ketua PT PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Pelantikan yang dilaksanakan di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, dilaksanakan usai pelantikan Penjabat Bupati Minsel dan Penjabat Bupati Bolsel, Rabu (16/12/2015).

Pelantikan dan Sertijab Ketua TP PKK Minsel dan Bolsel itu berdasarkan, Surat Tugas Ketua TP PKK Provinsi Sulut No. 93/ST/PKK.Prov/XII/2015 untuk TP PKK Minahasa Selatan dan No. 94/ST/PKK.Prov/XII/2015 untuk TP PKK Bolaang Mongondow Selatan serta Surat Tugas Ketua Dekranasda Provinsi Sulut No. 05/ST/Dekran –Sulut/XII/2015 untuk TP PKK Minahasa Selatan dan No. 06/ST/Dekran –Sulut/XII/2015 TP PKK Bolaang Mongondow Selatan.

Dalam sambutannya, Tri Rachayu Sumarsono memberikan pesan kepada Ketua TP PKK yang baru dilantik untuk memahami posisi dan peranan gerakan pkk, menyadari bahwa keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai instansi/lembaga terkait.

Kata dia, secara garis besar tentang posisi dan peran gerakan PKK seperti sesungguhnya sudah dapat menggambarkan betapa strategisnya fungsi TP PKK beserta kader-kader pkk yang tersebar diseluruh pelosok desa.

“TP PKK dapat menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan. TP PKK juga dapat berperan sebagai unsur terdepan yang akan menggalang peran-serta masyarakat, program-program pemerintah dan pemerintah daerah yang berkaitan langsung dengan peran-serta masyarakat,” ingat Ibu Tri.

Lanjutnya, PKK harus melakukan fungsinya secara optimal, antara lain, perlunya segenap jajaran TP PKK mengetahui apa yang menjadi program-program pemerintah.

“Bukan berarti PKK hanya mengerjakan apa yang menjadi program-nya pemerintah saja, karena pada hakekatnya TP PKK itu memiliki program pokok PKK yang perlu dilaksanakan bersama,” terang Ibu Tri. (ton)