Ini Ciri-ciri Baru Orang yang Tidak Berkata Jujur

Reporter : | 15 Des, 2015 - 7:11 pm WITA

Jujur, ciri-ciri pendusta,

(foto: Metro.co.uk)

MANADOTODAY – Sebagian besar dari kita mungkin sudah tau, orang yang berdusta akan menghindari kontak mata. Namun, menurut sebuah studi baru, pembohong sebenarnya melihat mata lawan bicara mereka lebih sering dibandingkan orang yang berkata jujur.

Orang yang berbohong juga mengerakan tangan mereka lebih sering dibandingkan orang yang berkata jujur.

Para peneliti dari Universitas Michigan meneliti 118 video untuk mencari bahasa dan gerak tubuh yang digunakan oleh para pendusta.

Mereka juga menggunakan data dari Innocence Project, sebuah organisasi non-profit yang melihat kasus hukum palsu yang memenjarakan orang-orang tidak bersalah.

Setengah video berasal dari rekaman pengadilan sementara sisanya dari video YouTube yang meminta pendapat seseorang tentang sebuah film.

Pembohong tertangkap dengan melihat video pengadilan dan ketika meminta pendapat orang-orang tentang film yang sebenarnya tidak ada.

Mereka yang tidak jujur ​​ditemukan menggunakan gerakan tangan, kontak mata dan menganggukan kepala mereka lebih banyak. Pembohong juga lebih mungkin untuk mengatakan ‘um’ dan menggunakan kata ganti untuk menghilangkan mereka dari cerita, seperti ‘dia’ dibandingkan ‘saya’.

Empat puluh persen pembohong menggerakan tangan mereka lebih banyak dibandingkan dengan hanya 25% orang-orang yang berkata jujur.

Para peneliti kemudian memasukkan semua data kedalam program pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komputer memiliki keakuratan sampai 75 persen untuk mengidentifikasi orang yang berdusta, sedangkan manusia 50 persen.

Orang-orang di balik penelitian ini percaya bahwa penelitian mereka dapat berguna bagi agen keamanan dan hakim.

Baca Juga :

Leave a comment