Ini Empat Alasan yang Ditemukan Peneliti Mengapa Anda Kesulitan Untuk Pensiun dari Facebook

Reporter : | 15 Des, 2015 - 5:11 pm WITA

Facebook,social media reversion, 99daysoffreedom

Facebook

MANADOTODAY – Jika Anda pernah berpikir terlepas dari jeratan media sosial Facebook, maka Anda tidak sendirian.

Tahun lalu, sebuah kampanye online mengundang pengguna Facebook untuk log out selama 99 hari dan mengisi survei tentang suasana hati mereka setiap 33 hari.

Para peneliti menemukan dari survei ini, empat hal yang menunjukkan mengapa kita terus kembali walaupun sudah bersumpah untuk tidak lagi log in.

Universitas Cornell menganalisa lebih dari 5.000 survei untuk memahami apa yang membuat orang-orang tetap terhbungan ke situs media sosial meskipun mereka sudah berencana untuk pensiun.

Tindakan meninggalkan media sosial dan kemudian kembali disebut, ‘social media reversion’, menurut Eric Baumer, peneliti utama dalam studi ini.

Menggunakan data yang disediakan oleh 99daysoffreedom.com, para peneliti mampu secara khusus menargetkan individu yang berjanji untuk menjauhkan diri dari situs.

Dengan mempelajari informasi ini, kelompok peneliti menemukan empat fakta utama yang menyebabkan mereka kembali lagi.

Pertama adalah kecanduan, bagi mereka yang merasa kecanduan Facebook, atau telah menjadi kebiasaan, akan lebih mungkin untuk kembali lagi.

Salah satu peserta mengatakan, “Dalam 10 hari pertama, setiap kali saya membuka browser, jari-jari akan secara otomatis pergi ke tombol ‘f’.”

Yang kedua adalah privasi dan pengawasan, yang menunjukkan pengguna yang merasa aktivitas mereka di situs itu sedang dipantau, kurang mungkin untuk kembali.

Dan orang-orang yang menggunakan Facebook untuk mengetahui bagaimana orang-orang berpikir tentang mereka juga lebih mungkin untuk kembali mengakses akun mereka.

Alasan lain menunjukkan bahwa orang yang sedang dalam suasana hati yang baik, lebih kuat untuk menepati janji mereka, yang mengungkapkan seberapa besar suasana hati mempengaruhi keputusan kita untuk menggunakan Facebook.

Yang terakhir yang kelompok temukan adalah bahwa pengguna Facebook cenderung untuk tidak log in kembali jika mereka memiliki akun media sosial lain.

Dalam banyak kasus, orang kembali ke Facebook dengan mengubah cara mereka menggunakannya seperti menghapus aplikasi dari ponsel mereka, menghapus pertemanan atau membatasi jumlah waktu yang mereka habiskan di situs.

Baca Juga :

Leave a comment