Ini Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Googling Masalah Kesehatan Anda

Reporter : | 14 Des, 2015 - 11:07 am WITA

Kesehatan Online, Solusi Kesehatan

(foto: Metro.co.uk)

MANADOTODAY – Seiring semakin berkembangnya teknologi saat ini, banyak sering berkonsultasi pada Dr. Google ketimbang dokter asli. Tapi apakah Anda tau, bukannya mendapat solusi, banyak orang yang mencari jawaban secara online malah hanya menambah masalah. Berikut adalah alasan mengapa kita harus mengurangi cara ini.

Anda tidak bisa berhenti hanya dengan satu hasil

Dengan mengklik beberapa situs menempatkan Anda pada risiko percaya pada info yang mungkin tidak didukung oleh ilmu pengetahuan atau ahli. Jika Anda membutuhkan jawaban cepat untuk pertanyaan sederhana, carilah situs yang terpercaya atau carila situs yang memiliki domain akhir .edu atau .gov, yang berarti mereka bekerja sama dengan universitas atau lembaga pemerintah.

Googling dapat membuat Anda cemas

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang pada akhirnya akan stres setelah mencari informasi medis secara online. Dan stres dapat membuat gejala penyakit memburuk.

Mengganggu kehidupan pribadi Anda

Setiap hari surfing internet untuk memeriksa gejala bukannya melakukan kegiatan offline, seperti berolahraga atau berkumpul dengan teman. Jika Anda secara teratur mengorbankan hal-hal ini, Anda berada di zona merah.

Anda yakin Anda memiliki penyakit mematika

Mencari informasi tentang gejala samar-samar, seperti sakit kepala, dapat menuntun Anda pada banyak hasil pencarian, mulai dari kafein berlebihan sampai tumor otak. Jika Anda terpaku pada hasil yang ekstrim, Anda mungkin berakhir pada risiko dengan mengejar pengobatan atau tes medis mahal yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

Lebih percaya internet dari pada dokter

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa diagnosa pertama yang diberikan oleh pencari gejala online adalah 66 persen salah. Dokter adalah satu-satunya yang dapat memberikan Anda pemeriksaan kesehatan terbaik.

Baca Juga :

Leave a comment