Sumarsono Sidak Stok Sembako dan Kesiapan Transportasi Jelang Natal

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka menyambut Natal 25 Desember 2015 dan Tahun Baru 1 Januari 2016, Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono MDM, melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna mengetahui stok Sembako, Bahan Bakar Minyak, dan kesiapan alat transportasi.

soni sumarsono, gubernur sulut
Sidak di Terminal Malalayang, Pj. Gubernur Sulut Sumarsono, sempat berdialog dengan sopir dan penumpang

Sidak dimulai di terminal Malalayang. Pada kesempatan itu, Sumarsono berdialog dengan pedagang, penumpang, maupun sopir angkutan umum.

Sumarsono berpesan, agar para sopir harus memperhatikan kondisi kendaraan setiap hari kondisi agar bisa terawatt dengan baik, terutama rem. Begitu pula kepada pedagang, Sumarsono juga minta kalau ada makanan kadaluarsa jangan lagi di jual kepada masyarakat. “Kalau sudah kadaluarsa, segera dikembalikan kepada distributor,” pesan Sumarsono.

Sementara sidak di SPBU Sario, menurut penuturan petugas mereka setiap hari mendapat jatah 40 ribu KL. Pada kesempatan itu, Sumarsono dan rombongan menyaksikan langsung alat bejana pengukuran premium dan solar yang dilakukan petugas SPBU Sario.

Sementara data yang diperoleh dari Disperindag Sulut, kebutuhan pokok masyarakat menjelang Natal 2015 dan tahun Baru 2016, masih tetap stabil.

“Seperti stok beras yang tersedia saat ini 30 ribu ton, gula pasir 7.600 ton, minyak goreng 10 ribu ton, terigu 1.800 ton, mentega 240 ton, susu 230 ton, telur 19.500 ribu butir, daging ayam 1.550 ton, daging sapi 410 ton,” ujar Kepala Disperindag Sulut Yenny Karow.

Diketahui, sidak yang dilakukan Sumarsono tersebut, didamping SKPD terkait seperti Kadis Perindag Ir Yenny Karou, ESDM Ir Marly Gumalag, Kadis Perhubungan dan Kominfo Drs Joi Oroh, Kasat Pol. PP Drs Maksi Lukas, Karo Ekonomi Jane Mendur SE dan Kepala BI Cabang Manado Peter Jacobs, serta pejabat dari Pertamina Manado. (ton)