Sabtu, Marathon Christmas 10k Digelar di Manado

Reporter : | 11 Des, 2015 - 12:37 pm WITA

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangka memeriahkan perayaan Natal 25 Desember 2015, Kerukunan Kawanua Se-Dunia (KSD) bekerjasama dengan Pemprov Sulut, menggelar lari Marathon Christmas 10K (kilometer), yang akan dilaksanakan Sabtu, (12/12/2015).

Sedakprov Sulut Ir. Siswa Rahmat Mokodongan ketika memimpi rapat persiapan kegiatan, Kamis (10/12/2015), mengatakan, kegiatan ini nantinya akan diikuti 20 pelari tingkat nasional.

Sementara Ketua KSD Mieke Tumurang mengatakan, selain diikuti 20 pelari nasional, lomba Lari Marathon Christmas 10k juga akan diikuti 500 peserta umum yang berasal dari unsur TNI/Polri di daerah ini termasuk pelari lokal Sulut.

“Selain lomba marathon 10k panitia juga menggelar lomba Lari Marathon Christmas 5k khusus bagi pelajar,” kata Tumurang, sembari mengatakan sesuai daftar yang ada, sudah 10.000 pelajar yang ikut mendaftar, mereka itu tersebar di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Lanjut dia, lomba Lari Marathon Christmas 10k dan Lari Marathon Christmas 5k yang mengambil Tema “Mari Jo Ka Manado”, mengambil Start dan Finis dari Lapangan Koni Sario Manado.

“Total hadiah yang diperebutkan berjumlah Rp. 210 juta. Bagi juara I Putra/Putri akan menerima uang pembinaan masing-masing senilai Rp. 20 juta, sedangkan untuk tingkat pelajar Juara I akan menerima uang pembinaan senilai Rp. 3 juta. Lomba Lari Marathon ini juga akan memperebutkan Trophy Bergilir dari Gubernur Sulut DR. Sumarsono, MDM,” terang Tumurang.

Ia menambahkan, adapun 20 pelari tingkat nasional yang akan ambil bagian pada iven ini antara lain di nomor Putra Agus Prayogo (Jabar) merupakan peraih medali emas di Sea Games Singapura dan Juara I Tomohon Linow Lake 10 K yang digelar tahun ini, Atjong Tio Purwanto (Jatim), Ridwan (NTB) Jauhari Johan (Sumsel) dan Nur Shodiq (DIY) sedangkan di nomor Putri Rini Budiarti (DKI) Hatrick peraih 3 Medali Emas Sea Games Palembang (Indonesia), Myanmar dan Singapura, Odekta (DKI), Yanitasari (Riau), Novita (Jateng) dan Raquel (Jabar).

Usai pelaksanaan rapat, Mokondongan mengatakan kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi, Unsur Fokompinda Sulut serta dari Pemkot Manado

. “Tujuan dari kegiatan ini selain berolahraga juga memperkenalkan destinasi wisata dan rekreasi di Kota Manado. Hal ini sejalan ini dengan program Pemprov Sulut dengan Tagline “Mari Jo Ka Manado” yang digagas oleh Gubernur Sulut Dr. Soni Sumarsono,” tukas Mokodogan.

Ia menambahkan, SKPD terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan dan Kominfo memberikan dukungan penuh demi suksesnya iven akbar di penghujung Tahun 2015 ini. Turut hadir pada rapat tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulut Mecky Onibala, dan panitian lainnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment