Ibu Hamil yang Memiliki Sindrom Ovarium Polikistik Beresiko Miliki Anak Autis

Reporter : | 10 Des, 2015 - 3:06 pm WITA

Sindrom Ovarium Polikistik, PCOS,  Anak Autis, autisme

(foto: pixabay)

MANADOTODAY – Anak-anak dari ibu yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS) mungkin memiliki peningkatan risiko untuk autisme, penelitian dari Swedia menunjukkan.

Penelitian ini adalah yang pertama untuk menemukan hubungan tersebut, kata para peneliti. Dan, mereka menambahkan, temuan mendukung teori bahwa paparan hormon seks pada awal kehidupan mungkin memainkan peran penting dalam risiko anak autis.

PCOS adalah kelainan di mana ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi, kista ovarium, sulit hamil dan masalah kesehatan lainnya. Ini dapat mempengaruhi 5 persen sapai 15 persen para wanita usia subur, kata penulis penelitian.

“Kami menemukan bahwa ibu hamil yang didiagnosis PCOS, meningkatkan risiko gangguan spektrum autisme pada keturunannya sebanyak 59 persen,” kata pemimpin peneliti Kyriaki Kosidou, dari departemen ilmu kesehatan masyarakat di Institut Karolinska, Stockholm, mengatakan dalam sebuah rilis berita dikutip dari Health.com.

Namun, studi ini hanya menunjukkan hubungan antara PCOS dan autisme pada anak. Dan tidak dirancang untuk membuktikan hubungan sebab-akibat.

Para peneliti mengidentifikasi sekitar 24.000 anak-anak yang lahir dengan gangguan spektrum autisme di Swedia antara tahun 1984 dan 2007. Para peneliti kemudian membandingkan mereka dengan 200.000 anak-anak yang tidak memiliki gangguan perkembangan.

“Risiko [autisme] meningkat di antara ibu yang menderita PCOS dan obesitas, kondisi umum untuk PCOS yang berhubungan dengan peningkatan androgen dalam jumlah tinggi,” Kosidou menjelaskan.

Androgen adalah hormon seks yang bertanggung jawab untuk pengembangan karakteristik pria. Hormon ini juga berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf pusat, kata para peneliti. Wanita dengan PCOS memiliki androgen dengan tingkat yang lebih tinggi, bahkan selama kehamilan, menurut informasi latar belakang dalam rilis berita.

Studi ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Molecular Psychiatry.

“Masih terlalu dini untuk membuat rekomendasi khusus bagi dokter dalam hal perawatan ibu hamil dengan PCOS, meskipun meningkatkan kesadaran hubungan ini mungkin memudahkan pendeteksian dini [autisme] pada anak-anak yang ibunya telah didiagnosis dengan PCOS,” penulis senior studi Renee Gardner, dari departemen ilmu kesehatan masyarakat di Institut Karolinska, mengatakan dalam rilis berita.

Baca Juga :

Leave a comment